NewsRagamBerbahaya Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Tips Dan Manfaat Mengkonsumsi Kopi

Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh, Ini Tips Dan Manfaat Mengkonsumsi Kopi

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kopi saat ini sangat populer di kalangan masyarakat, beragam variasi yang bisa dinikmati dan digandrungi semua kalangan, mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Minuman dengan citra rasa pahit ini memang sudah banyak ditemukan manfaat sekaligus efek sampingnya.

Kopi sering sekali dijadikan minuman wajib yang dikonsumsi setiap hari bagi sebagian orang, khususnya pecinta kopi, karena kopi diyakini dapat menjadi penambah energi saat ingin memulai.

Lantas apa saja manfaat kopi yang bisa diketahui?

Manfaat Kopi

Kopi merupakan minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan ini yang dipercaya dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, dan fungsi otak. Dengan kandungan ini lah terdapat beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kalian, sebagai berikut:

  • Menajaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama yaitu kopi dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengkonsumsi 4 cangkir atau lebih per harinya dipercaya dapat menurunkan 20% risiko stroke, dibandingkan dengan orang yang tak mengkonsumsi kopi sama sekali.

Menurut beberapa peneliti, mengkonsumsi kopi secara rutin dalam dosis yang sedang tak berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

  • Mengurangi Risiko Diabetes Type 2

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Selain menjaga kesehatan jantung, kopi juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Beberapa peneliti menyatakan bahwa mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein atau tidak, dapat menurunkan risiko terkena diabetes type 2. Namun, apabila kalian sudah mengidap diabetes, kandungan kopi dapat berisiko memengaruhi kadar gula, yang entah tinggi atau lebih rendah.

Oleh sebab itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, apabila ingin mengkonsumsi kopi agar pengidap penyakit diabetes type 2 lebih terkontrol porsinya.

  • Menstabilkan Berat Badan

Manfaat selanjutnya apabila mengkonsumsi kopi adalah menstabilkan berat badan yang ideal, bahkan bisa membantu menurunkannya.

Beberapa peneliti pernah melakukan pengamatan terhadap perbandingan skala mengkonsumsi kopi antara orang yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak. Hasil menunjukkan, bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan lebih banyak mengkonsumsi kopi dan minuman yang mengandung kafein daripada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali.

Dengan mengkonsumsi minuman berkafein dapat menstabilkan atau mengusahakan penurunan berat badan.

  • Menjaga kesehatan Hati

Manfaat selanjutnya adalah menjaga kesehatan organ hati. beberapa peneliti menyatakan bahwa kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Kopi punĀ  dipercaya dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada organ hati manusia dan hewan.

Namun, manfaat dari kesehatan organ hati membutuhkan penelitian lebih lanjut, agar bisa membuktikan seberapa efektifan kopi dalam membantu mengobati penyakit hari kronis.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kafein dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Kopi juga dapat mencegah penurunan fungsi otak, penyakit Parkinson, dan juga penyakit Alzheimer. Artinya, mengkonsumsi kopi dan kafein setiap hari aman untuk program diet yang seimbang.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Kopi bermanfaat untuk mempengaruhi perkembangan kanker, mulai dari pemulaan sel kanker hingga kematian. Kandungan yang terdapat didalam kopi bisa mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Sebuah peneliti menyatakan kopi mungkin dapat menurunkan beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat. Kanker endometrium, dan beberapa kanker yang terjadi pada mulut dan tenggorokan.

Lalu apa bahaya jika mengkonsumsi kopi setiap hari?

BERITA TERBARU

TERPOPULER