BerandaNewsRagamMensos Risma Ingin Ubah Anak Buahnya Tiru Mode Pelayanan...

Mensos Risma Ingin Ubah Anak Buahnya Tiru Mode Pelayanan Surabaya

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

SURABAYA, HOLOPIS.COM – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berharap agar jajaran di institusinya bisa meniru Kota Surabaya yang sudah mampu memiliki command center.

ADVERTORIAL SPACE

Dengan adanya konsep seperti itu, menjadi model pembelajaran pelayanan yang terintegrasi dan responsif menjawab kebutuhan kesejahteraan sosial di lingkungan Kementerian Sosial.

Padahal selama ini menurut Risma, Kementerian Sosial menangani seluruh jenis persoalan sosial masyarakat, termasuk korban bencana dan masalah kemiskinan. Karenanya menurut Mensos Risma perlu adanya command center yang terintegrasi, sehingga hasil penanganannya bisa maksimal.

“Selama ini Kementerian Sosial mengurusi segala macam masalah masyarakat. Dan masalah tersebut ada di berbagai institusi. Seperti dari kementerian lain, KPK atau bahkan pengaduan yang disampaikan lewat media. Karenanya perlu kanalisasi dalam penanganannya,” kata Risma, Sabtu (20/10).

Risma juga berangan-angan ingin setiap masalah yang ditangani bisa lebih fokus melalui dirjen terkait dengan adanya comannd center. Hal ini menurutnya akan mempermudah tugas Kemensos dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang tejadi.

“Nantinya setiap laporan yang masuk command center akan diteruskan ke dirjen terkait. Misal masalah bantuan sosial akan cepat ditangani sehingga masyarakat tidak terombang ambing. Akan ada kepastiannya,” kata mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Hal lain yang mendorongnya membuat command center adalah penanganan bencana. Menurut Risma selama ini informasi terkait ancaman bencana selalu disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Namun sayangnya informasi tersebut lebih banyak bergerak di jalur antar lembaga. Sementara masyarakat relatif tidak mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Akibatnya, ancaman bencana sulit diantisipasi masyarakat.

Risma berharap, masyarakat harus menjadi bagian dari pola komunikasi dalam penanganan bencana. Untuk keperluan itu, command center bisa menjadi jembatan. Hal ini dimungkinkan, sebab informasi cuaca dari BMKG didiseminasikan melalui citra satelit.

“Saya ingin pantauan dari citra satelit bisa tersampaikan ke masyarakat. Sehingga ancaman bencana bisa diantisipasi. Apalagi kita ada Tagana di tiap wilayah, sehingga dengan adanya informasi dari citra satelit bisa menggerakkan tenaga kita seperti Tagana untuk cepat melakukan evakuasi atau perlindungan warga yang terancam,” ungkapnya.

Tak berhenti hanya dalam penanganan masalah warga. Kehadiran command center di lingkungan Kemensos diharapkan mampu mendongkrak taraf ekonomi masyarakat miskin. Risma menjelaskan, command center nantinya dibuat menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat. Bahkan bisa menjadi tempat study banding .

Di sini, command center bisa menjadi sarana pendukung dan celah untuk bisa menjadikan command center sebagai tempat memasarkan produk olahan masyarakat, khususnya ekonomi kecil dan menengah. Risma yakin bahwa cara tersebut efektif untuk meningkatkan taraf hidup dan pendapatan pelaku ekonomi kecil sehingga kehidupannya menjadi lebih baik.

“Nantinya kita juga akan menjadikan command center sebagai tempat pemasaran produk pelaku ekonomi kecil. Sehingga bisa menaikkan omset mereka dan bisa menjadi solusi penanganan kemiskinan,” pungkasnya.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan, Bisa Jadi Obat Jerawat?

Manfaat kesehatan buah apel sudah tidak perlu diragukan lagi. Istilah an apple a day keeps the doctor away atau sebuah apel setiap harinya menjauhkan dokter sudah sering diajarkan ke banyak generasi. Selain baik untuk kesehatan, buah apel juga bisa menjaga kecantikan loh, Sobat Holopis.

Lokasi Samsat Keliling Wilayah Jadetabek, Kamis 28 Maret

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Kamis 28 Maret 2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Kamis 28 Maret

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, hari Kamis 28 Maret 2024 beroperasi di 5 wilayah mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Hindari 4 Makanan Ini Saat Sahur agar Tidak Lemas saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang penting bagi umat Islam, di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari fajar hingga matahari terbenam. Karena itu lah sahur, sangat penting untuk memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa dengan kuat dan bertenaga sepanjang hari.

Wapres : Bayar THR untuk Jaga Hubungan Pengusaha dengan Karyawan

Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan, pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan bagian tak terpisahkan dalam upaya menjaga keharmonisan dalam dunia kerja

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim Utama

Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim Utama dari Bekasi menuju Tol Dalam Kota, Rabu (27/3). Traffic Managemen Center (TMC) Polda Metro Jaya pun membeberkan kronologi kecelakaanya, bahwa insiden tersebut bermula akibat sebuah truk yang kelebihan muatan menabrak dua mobil di depannya, sebelum menuju GT Halim Utama itu sendiri.

Timun Bisa Bikin Miss V Becek, Benar Tidak sih?

Benarkah timun dapat membuat miss V menjadi becek atau lembab? Mitos ini sudah lama tersebar dan sering kali dikaitkan dengan klaim bahwa timun memiliki sifat yang dapat mempengaruhi kelembaban atau kebersihan area intim wanita.

Wapres Ma’ruf Peringatkan Pengusaha Bayar THR Tepat Waktu

Wapres RI Ma'ruf Amin memperingatkan pengusaha untuk memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada para pekerjanya tepat waktu.

JLNT Casablanca Akan Ditutup Selama 2 Minggu, Dishub DKI Siapkan Jalur Alternatif

JLNT Casablanca (Jalan Layang Non Tol) akan ditutup selama 2 pekan, pada pukul 00.00-04.00 WIB di kedua sisi.

Al Quds Indonesia ‘Berisik’ Perjuangkan Kemerdekaan Tanah Para Nabi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Di pertengahan Ramadan 1445 Hijriah, Dompet Dhuafa kembali “berisik” menyuarakan perjuangan untuk kemerdekaan Palestina. Mengingat di bulan suci ini, masyarakat Palestina...