NewsRagamTak Nyaman Dengan Rambut Rontok? Ini Cara Mengatasinya

Tak Nyaman Dengan Rambut Rontok? Ini Cara Mengatasinya

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kondisi rambut rontok umum terjadi pada siapapun, terutama pada perempuan. Dalam sehari, rambut bisa gugur sekitar 50-100 helai.

Rambut rontok bisa ditangani dengan penanganan medis, seperti terapi laser atau transplantasi rambut.

Namun, kita juga bisa mencoba dengan cara alami untuk mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan dirumah.

Beberapa cara alami yang sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok, sebagai berikut :

  • Jangan terlalu sering keramas

Apabila mengalami rambut rontok, disarankan untuk tidak keramas setiap hari. Keramaslah sebanyak 1-3 kali dalam seminggu dan keringkan rambut dengan handuk secara lembut.

  • Terapkan pola hidup sehat

Cara mengurangi rambut rontok selanjutnya adalah hindari penataan rambut seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut yang membuat kulit kepala menjadi iritasi.

Kebiasaan mengikat dan mengepang rambut pun terlalu kencang pun juga dapat menyebabkan akar rambut tertarik, sehingga rambut menjadi mudah rontok.

Apabila akan mengeringkan rambut dengan pengering rambut, usahakan menggunakan suhu yang tidak terlalu panas karena dapat menyebabkan rambut cepat rusak.

  • Asupan makanan yang sehat

Rambut yang sehat berasal dari asupan gizi dan protein yang sehat. Dengan menjaga asupan makanan yang baik sangat penting untuk memperbaiki kondisi dan merangsang pertumbuhan rambut dari dalam.

Ada beberapa jenis nutrisi yang penting untuk rambut rontok, yaitu:

Protein dan Omega-3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup protein dan asam lemak omega-3, seperti telur dan ikan salmon dapat menyehatkan rambut, sehingga rambut akan bertumbuh kuat dan berkilau.

Vitamin

Ada beberapa macam vitamin untuk menjaga kesehatan rambut, diantaranya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E.

Mengkonsumsi vitamin dipercaya dapat mencegah dan mengatasi rambut rontok, menjaga kesehatan kulit kepala dan menyuburkan rambut.

Zat Besi

Selain menyebabkan anemia, kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, terutama pada wanita.

Dengan itu, perbanyak konsumsi yang mengandung banyak zat besi.

Zinc

Zinc sering berperan dalam pertumbuhan dan juga perbaikan jaringan rambut serta menjaga kelembaban alami oada rambut.

Kekurangan kandungan ini, akan menyebabkan rambut mudah rontok. Dengan itu perbanyak mengkonsumsi kandungan ini.

Pola hidup sehat

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan rambut rontok, seperti kekurangan gizi, anemia. Setres berlebihan pun juga menyebabkan kerontokan pada rambut.

Untuk itu, coba lah hidup sehat dengan meredakan setres, lalu berolahraga secara rutin, meluangkan waktu untuk meredakan setres, dan mencukupi waktu tidur.

  • Gunakan bahan alami

Banyak bahan alamai yang dapat mengurangi rambut rontok, seperti lidah buaya dan minyak kelapa. Bahkan lidah buaya dapat mengurangi ketombe dan produksi minyak berlebihan pada kulit kepala.

Selain lidah buaya dan minyak kelapa, ada beberapa bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, yaitu:

Lemon

Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cara penggunaannya adalah oleskan jus atau minyak lemon ke kulit kepala setelah keramas.

Kuning Telur

Kandungan Vitamin A, biotin, amino, dan folat pada kuning telur dipercaya dapat melembabkan rambut kering serta membuat rambut tumbuh lebih cepat dan kuat.

Cara penggunaannya adalah oleskan kuning telur ke kulit kepala, tunggu 10-15 menit lalu bilas.

Sebenarnya masalah rambut rontok tak bisa diatasi dengan waktu yang singkat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita peelu mencoba cara alami untuk mengatasi rambut rontok secara rutin dan berskala.

Jika rambut masih mengalami kerontokan dan kita telah mencoba beberpaa cara alami, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai masalah.

BERITA TERBARU

TERPOPULER