NewsPolhukamLibur Nataru Tak Ada Penyekatan Lalin, Polri: Hanya Aturan Crowd Free Night!

Libur Nataru Tak Ada Penyekatan Lalin, Polri: Hanya Aturan Crowd Free Night!

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Polri mengklaim bahwa mereka tidak akan melakukan penyekatan lalu lintas (lalin) pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Asops Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto mengungkapkan, bahwa dengan kebijakan Pemerintah yang menetapkan PPKM Level 3 saat libur Natal 2021 dan Tahun 2022 (Nataru), mereka akan melakukan upaya lain yang lebih efektif.

“Ditiadakan, bukan penyekatan. Tapi kita akan mengoptimalkan. Memang ini belum kita rumuskan secara detail. Nanti tanggal 24, Kapolri akan memberi arahan kepada jajaran. Jadi nanti setelah itu kita detailkan cara bertindak kita di lapangan apa,” kata Imam, Rabu (24/11).

Polri tidak akan melakukan penyekatan lantaran memang Pemerintah tidak menginginkan adanya hal tersebut. Sehingga, Polisi akan memedomani hal tersebut.

Imam kemudian mengungkapkan, kemungkinan besar, Polisi akan memperkuat pemanfaatan dari posko PPKM terkait dengan kebijakan itu.

“Kita mengoptimalkan pos PPKM di desa, posko PPK. Yang sudah kita 4 pilar itu. Nah itu yang akan kita berdayakan betul, mungkin orang yang pulang itu harus membawa surat jalan dari RT-nya misalnya kan. Lapor dulu di pos PPK. Mungkin itu nanti yang akan kita rumuskan,” tukasnya.

Saat ini, jajaran, menurutnya, masih menunggu keputusan dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

“Kita nanti tunggu arahan Pak Kapolri, supaya jelas nanti baru detailnya kita sampaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo malah mengatakan bahwa mereka akan menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) di sejumlah titik di Jakarta, pada saat natal dan malam tahun baru (Nataru) 2022 untuk mengurai kerumunan dan mobilitas masyarakat

“Kemungkinan kita akan melakukan crowd free night, artinya seperti malam Tahun Baru 2020 ke 2021 nanti, pergantian malam Tahun Baru 2021 ke 2022 kita juga melakukan hal yang sama,” kata Sambodo, Selasa (22/11).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, yang hanya diterapkan di kawasan Sudirman-Thamrin, tahun ini pihaknya berencana akan menambah titik CFN yang sering menjadi destinasi perayaan tahun baru.

“Tidak hanya di Sudirman-Thamrin tetapi juga ke tempat-tempat yang sering jadi tempat perayaan tahun baru seperti Taman Mini, di Ancol, di lokasi-lokasi yang sering dijadikan pelaksanaan acara tahun baru akan kita lakukan crowd free night,” jelasnya.

BERITA TERBARU

TERPOPULER