NewsOtomotifKorlantas Polri Mempersiapkan Pelayanan BPKB Berbasis Digital

Korlantas Polri Mempersiapkan Pelayanan BPKB Berbasis Digital

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Setelah meluncurkan Samsat Online, kini Korlantas Polri kembali akan melakukan inovasi dengan pelayanan BPKB digital.

Saat ini, program tersebut saat ini sedang dianalisa dan evaluasi oleh Direktorat Regident Korlantas Polri bersama Polda Jajaran se-Indonesia.

Kegiatan tersebut dilakukan, untuk mendorong progresivitas pengembangan pelayanan BPKB berbasis digital.

“Mudah-mudahan tahun ini harusnya ada 8 wilayah yang memiliki Gedung pelayanan BPKB baru diantaranya Cimahi dan dua daerah wilkum Polda Jabar, Maluku, Polres Sumenep, Kalsel, Sultra, Sulteng akan punya gedung pelayanan BPKB Prototype.” Kombes Pol Indra, Kasubdit BPKB Korlantas Polri di Jakarta, Selasa (23/11)

Semua jajaran di wilayah, juga sedang berlomba untuk dapat kesempatan membangun Gedung pelayanan BPKB prototype yang menjadi bagian dari strategi Korlantas untuk membangun kemandirian diantaranya profesionalisme di bidang regident.

“Jadi kalau bapak-bapak bikin SIM, BPKB disitu ada ERI nya, nanti ada tes fisik digitalnya, dan arsip digitalnya, dan seterusnya terus berkembang seperti itu. Sehingga Polri Utuh memiliki dari mulai Gedung, sampai infrastrukturnya itu kita ada.” katanya.

“Karena memang sejarah atau perjalanan ini proses banyak akhirnya data itu yang menguasai di samsatnya. Tetapi dengan adanya ERI saat ini perlahan-lahan sudah kembali ke marwah polri seutuhnya. Jadi identifikasi itu datanya dari polri dan harapannya data ranmor itu ada di Polri seutuhnya.” lanjut Indra.

Dengan program digitalisasi tersebut, data di BPKB tidak hanya disimpan dalam buku tetapi juga tersimpan dalam sebuah chip.

“Rekan-rekan sekalian kita ini sedang berkompetisi siapa yang lebih cepat bisa melayani dan siapa yang bisa lebih tahu tentang masyarakat itulah pemenangnya. Harapan kami data itu tadi sudah harus cepat di sharing atau di berikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” pungkasnya.

BERITA TERBARU

TERPOPULER