Bisa Bikin Hamil? Ini Dia Manfaat Buah Parijoto

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pernah mendengar buah parijoto? Buah yang memiliki ukuran kecil dan berbentuk bulat ini tumbuh secara berkelompok pada batang yang tebal dan juga berserat.

Buah parijoto memiliki warna merah muda dan keunguan saat sudah matang, serta memiliki kulit yang halus. Apabila Sobat Holopis mengonsumsinya akan merasakan kerenyahan, lembut, dan juga sedikit asam manis.

Buah parijoto memiliki nama ilmiah, yakni Medinilla Speciosa yang menyimpan banyak manfaat, salah satunya sebagai obat herbal. Kandungan tanin, glikosida, saponin, dan flavonoid memiliki sifaf antiinflamasi.

Lantas apa sih manfaat dari buah parijoto? Simak dibawah ini

Manfaat Buah Parijoto

Buah parijoto memiliki kandungan yang dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini manfaat dari buah parijoto menurut dr. Fadhli Rizal Makarin, antara lain:

  • Kesehatan Kulit

Ekstrak buah ini memiliki kandungan flavonoid, dimana kandungan tersebut digunakan sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah parijoto dapat dijadikan bahan untuk body lotion.

Buah parijoto juga bisa digunakan secara alami sebagai tabir surya. Ada sebuah penelitian juga mengatakan bahwa buah ini berpotensi untuk dijadikan bahan baku tabir surya, karena kandungan flavonoid yang bisa mencegah efek bahaya akibat terpapar sinar ultraviolet.

  • Meningkatkan Kesuburan Wanita

Kandungan antioksidan yang alami pada buah ini, dipercaya dapat meningkatkan kesuburan pada wanita. Kandungan seperti tanin, flavonoid, dan juga saponin yang dapat menangkal efek radikal bebas dan tentu saja baik untuk meningkatkan nutrisi bagi wanita yang sedang program hamil. Tetapi, manfaat ini masih dilakukan penelitian lebih lanjut untuk hasil yang akurat.

  • Obat Sariawan

Buah ini juga dipercaya dapat menyembuhkan sariawan yang ada disekitar dalam mulut kalian. Cukup ambil buah parijoto sebanyak 4 hingga 6 gram yang sudah dicuci bersih, lalu ditumbuk hingga halus, dan larutkan kedalam 100 mililiter air yang kemudian dikumur-kumur sebanyak 2 kali sehari hingga sariawan hilang.

  • Mempertahankan Berat Badan

Ekstrak etanol dalam buah parijoto diketahui mampu menurunkan kadar trigliserida secara signifikan, dan ekstrak tersebut juga yang menyebabkan penurunan risiko kenaikan berat badan.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Bagi pengidap diabetes bisa memilih buah ini untuk pengobatan herbal, karena kandungan flavonoid yang terkandung didalamnya dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Tetapi masih banyak peneliti yang melakukan penelitian untuk memastikan hasilnya baik.

Itu beberapa manfaat buah parijoto bagi kesehatan tubuh kita. Apabila kalian mengalami alergi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

BERITA TERBARU

TERPOPULER

REKOMENDASI