Nutrisi Pelengkap Tubuh, Ini Perbedaan dan Manfaat Omega 3 6 9

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Omega 3 6 9 memiliki sejumlah manfaat kesehatan untuk tubuh. Asam lemak tak jenuh ini diperlukan tubuh untuk membentuk sel dan mengendalikan peradangan.

Manfaat omega 3 6 9 memang membantu kesehatan tubuh, tetapi penting untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat di antara mereka.

Berikut penjelasan tentang manfaat omega 3 6 9, termasuk jenis makanan apa yang mengandung omega 3 6 9 tersebut!

Meskipun manfaat omega 3 6 9 semuanya adalah asam tak jenuh dengan banyak manfaat kesehatan, mereka semua berbeda satu sama lain sehubungan dengan posisi struktur kimianya.

– Omega-3 mengacu pada posisi ikatan rangkap terakhir dalam struktur kimia dan itu adalah tiga atom karbon dari rantai molekul “omega”.

– Omega-6 berbeda dari omega-3 karena ikatan rangkap terakhir adalah enam atom karbon dari ujung omega molekul asam lemak.

-,Omega-9 adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang berarti hanya memiliki satu ikatan rangkap. Itu terletak sembilan atom karbon dari ujung omega dari molekul asam lemak.

Omega-3 dan omega-6 memiliki cukup banyak kesamaan. Keduanya adalah asam lemak esensial yang bisa diproduksi oleh tubuh.

Lemak omega-9 disebut “non-esensial” karena tubuh kita dapat memproduksinya dari lemak tak jenuh yang kita makan. Omega-9 utama dalam makanan kita disebut asam oleat.

1. Asam Omega 3

Lemak omega-3 adalah bagian penting dari membran sel manusia. Mereka juga memiliki sejumlah fungsi penting lainnya, berikut manfaat omega-3:

-Meningkatkan kesehatan jantung
-Mendukung kesehatan mental seperti mengurangi gejala depresi, skizofrenia, dan gangguan bipolar
-Mengurangi berat dan ukuran pinggang
-Mengurangi lemak hati
-Mendukung perkembangan otak bayi
-Memerangi peradangan yang dapat berkontribusi pada sejumlah penyakit kronis
-Mencegah demensia bagi orang yang cenderung mengalami penurunan fungsi otak di usia tua dengan membantu meningkatkan daya ingat
-Meningkatkan kesehatan tulang

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-3:

-Salmon
-Ikan kembung
-Sarden
-Ikan teri
-Biji chia
-Kacang kenari
-Biji rami

2. Asam Omega 6

Seperti asam lemak omega-3, asam lemak omega-6 juga merupakan asam lemak tak jenuh ganda. Asam lemak omega-6 juga hanya bisa didapatkan dari makanan.

Lemak ini digunakan sebagai energi, dan jenis yang paling umum adalah asam linoleat.

Zat ini penting dalam sistem kekebalan tubuh. Namun, ketika terlalu banyak diproduksi, dapat meningkatkan penyakit radang.

Beberapa asam lemak omega-6 telah menunjukkan manfaat dalam mengobati gejala penyakit kronis, seperti gejala rheumatoid arthritis (radang sendi kronis), efektif mengobati kanker payudara, bahkan mengurangi massa lemak tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-6:

-Minyak kedelai
-Minyak jagung
-Mayonaise
-Kacang kenari
-Biji bunga matahari
-Almond
-Kacang mete

3. Asam Omega 9

Asam lemak omega-9 merupakan asam lemak tak jenuh tunggal. Berbeda dari dua asam lemak sebelumnya, asam lemak omega-9 tidak sepenuhnya “esensial”, yang berarti sebagian dapat diproduksi oleh tubuh.

Satu penelitian dari National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa, memiliki pola makan yang tinggi asam lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi kolesterol “jahat” pada pasien diabetes.

Uji coba dengan tikus yang diberi makan tinggi asam lemak tak jenuh ganda meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan.

Beberapa makanan yang mengandung asam omega-9:

-Minyak zaitun
-Minyak kacang mete
-Minyak almond
-Minyak alpukat
-Minyak kacang
-Almond
-Kacang mete
-Kacang kenari

BERITA TERBARU

TERPOPULER

REKOMENDASI