BerandaNewsKesehatanManfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi, Apa Saja?

Manfaat Buah Apel Jika Dikonsumsi, Apa Saja?

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Buah apel merupakan salah satu buah yang paling populer di seluruh dunia, karena buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

ADVERTORIAL SPACE

Tak hanya lezat dan menyegarkan, manfaat apel bagi kesehatan juga tak perlu diragukan lagi.

Buah ini diketahui rendah kalori dan juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga kalsium.

Tak hanya itu, buah apel juga dikenal dengan banyak mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan pektin yang baik bagi kesehatan tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Sobat Holopis, mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang perbedaan buah apel hijau dan apel merah. Pada dasarnya, kedua buah ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa, hanya jumlah nutrisinya yang sedikit berbeda.

Apel merah diketahui menyimpan banyak antosianin hingga lima kali lebih banyak dari pada apel hijau. Antosianin adalah pigmen yang menjadikan kulit apel berwarna lebih gelap. Pigmen ini menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung dan juga menurunkan kolesterol.

Walaupun nutrinya sama, apel merah punya komposisi serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan juga vitamin C yang sedikit lebih banyak. Apel hijau memiliki vitamin A yang lebih banyak.

Dari kedua apel ini, memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

Manfaat Apel Untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat dan juga khasiat dari buah apel yang perlu Sobat Holopis ketahui.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang pertama dari buah apel adalah menjaga dan membantu mencegah risiko penyakit jantung.

Buah apel dipercaya terdapat kandungan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Tak hanya itu, senyawa polifenol juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta risiko stroke.

Perlu Sobat Holopis ketahui, manfaat polifenol dalam buah apel berada dibagian kulitnya.

Oleh karena itu, bila kalian mengkonsumsi buah apel, tak perlu mengupas bagian kulitnya.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Tau kah Sobat Holopis? Polifenol yang ada di buah apel dapat memelihara otak dari penurunan fungsi saraf yang menyebabkan alzheimer dan parkinson serta daya ingat menurun krena faktor usia.

Sifat dari buah apel yang menangkal radikal bebas adalah senyawa yang mampu menghambat penurunan kognitif otak.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang ada di buah apel bersifat tidak larut dan larut. Serat yang larut dinamakan pektin, berfungsi untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Pektin bekerja sama dengan komponen fitonutrien dalam apel yang berfungsi untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

Kadar serat dan air yang ada dibuah apel, tidak hanya menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga membantu kita agar lebih cepat kenyang sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Memiliki pencernaan yang sehat, lalu kadar gula darah dan lemak terkontrol, serta berat badan yang ideal dipercaya dapat mengurangi risiko mengidap penyakit degeneratif suatu saat nanti.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Menurut peneliti, ada banyak yang membahas tentang manfaat serta khasiat buah apel, yaitu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan polifenol dibuah apel yang membantu mencegah kerusakan jaringan serta sel beta yang terdapat di pankreas.

Sel ini dapat menghasilkan insulin dan juga bisa mengalami kerusakan pada penderita diabetes tipe 2.

Kandungan seratnya juga sangat bermanfaat untuk memberikan makanan pada bakteri baik yang ada di dalam usus, sehingga dipercaya dapat membantu melindungi diri dari diabetes tipe 2.

  • Mencegah Kanker

Sobat Holopis perlu ketahui, warna merah pada buah apel berasal dari kandungan Antosianin yang mempunyai manfaat anti radang dan juga anti kanker.

Tak hanya itu, apel juga dipercaya dapat membantu melindungi tubuh hewan dari kanker paru dan juga kanker usus.

Rutin mengkonsumsi satu buah apel atau lebih, dapat menurunkan risiko kanker kolesterol hingga 20% dan kanker payudara sebesar 18%.

Tetapi masih banyak yang perlu diteliti untuk memastikan manfaat buah apel dalam melawan sel kanker.

  • Mengurangi Asma

Antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama karena fungsi menangkal efek buruk radikal bebas seperti kerusakan pada sel.

Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif, sehingga menurunkan berat badan.

Selain antioksidan, buah itu juga ada manfaatnya dari bagian kulit apel, yaitu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan mineral yang ada di dalam buah apel adalah kalium dan zat besi. Kedua kandungan ini dipercaya dapat menjaga kepadatan serta kekuatan tulang.

Tak hanya itu, antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah apel bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan masa tulang.

Lalu bagaimana cara menyimpan agar buah tetap sehat dan segar?

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

6 Menu Sahur yang Menyehatkan

Makanan sehat dan bergizi diperlukan ketika sahur, untuk memulai hari dalam menjalankan ibadah puasa. Sebab, ketika berpuasa tubuh melakukan penyesuaian dengan pola makan baru yang dimana makan dua kali dalam sehari.

Siapa Sangka, Penggunaan Kacamata Anti Radiasi Jadi Hal Penting

Kita terpapar radiasi setiap hari, baik dari sinar matahari, peralatan elektronik, maupun perangkat teknologi lainnya. Apakah kacamata anti radiasi penting?

8 Menu Buka Puasa Sehat Tapi Tetap Nikmat

Ibadah puasa mengharuskan setiap orang menahan lapar dan haus, karena itu, asupan nutrisi dalam tubuh harus tetap terpenuhi agar tubuh tidak gampang lemas.

Apa Itu Tuberkulosis, Gejala dan Cara Pengobatannya

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang telah ada sejak zaman kuno, dan masih menjadi salah satu ancaman utama bagi kesehatan global pada masa kini.

Tak Cuma Kurma, Ini Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi untuk Sahur

Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga stamina dan energi selama berpuasa. Salah satu pilihan makanan yang cocok untuk sahur adalah buah-buahan segar.

4 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya Bisa Redakan Kulit Berjerawat

Buah alpukat selain memiliki rasa yang lezat dan khas, juga memiliki banyak manfaat loh untuk tubuh, terutama bagi kesehatan kulit.

Awas! Cuaca Panas Terik Tingkatkan Potensi Kasus DBD

Kemenkes menyoroti cuaca panas dan terik dalam beberapa hari terakhir, yang berpotensi meningkatkan kasus demam berdarah dengue (DBD).

Khasiat Kurma, Bisa Obati Maag Kronis

Penyakit asam lambung memang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari, apalagi di saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Jika tidak ingin menjadi ketergantungan dengan obat maag, Sobat Holopis bisa mencoba ekstrak kurma, atau sari kurma.

Tips Atasi Tenggorokan Kering Saat Berpuasa

Tenggorokan kering adalah masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Wajar saja, karena kurang lebih 13 jam kita berpuasa, tubuh tidak mendapat cairan.

Cocok untuk Sahur, 6 Buah-buahan Ini Punya Efek Mengenyangkan

Sahur merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim saat menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadan. Memilih makanan yang tepat untuk sahur dapat membantu menjaga energi dan kenyang sepanjang hari.