Undang Para Pemimpin ASEAN, Biden Janji Berikan Bantuan Rp 2,2 Triliun

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengadakan pertemuan dengan pemimpin-pemimpin Asia Tenggara (ASEAN) dan berjanji akan memberikan 150 juta dollar (sekitar 2,2 triliun rupiah) untuk infrastruktur dan menangani pandemi.

Melansir Aljazeera, Jum’at (13/5), hal tersebut merupakan usaha Washington untuk melawan pengaruh China di ASEAN.

Cloud Hosting Indonesia

“Kami tidak meminta negara-negara ini untuk membuat pilihan antara Amerika Serikat dan China. Kami (AS) ingin menguatkan hubungan (dengan ASEAN),” demikian pernyataan resmi dari pemerintahan AS.

Seperti diketahui, pada bulan November China memberikan bantuan sebesar 1.5 miliar dollar (sekitar 21 triliun rupiah) untuk Indonesia, Brunei, Kamboja, Singapura, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Filipina untuk membantu perekonomian pasca Covid-19.

Acara makan malam AS-ASEAN
Acara makan malam AS-ASEAN (Foto: Reuters)

Meskipun invasi Rusia terhadap Ukraina juga masuk dalam agenda pembicaraan, pada pertemuan ini, pemerintahan Biden fokus kepada Asia Pasifik dan Beijing yang semakin memiliki peran dalam wilayah ASEAN.

Biden memulai KTT 2 hari dengan makan malam di Gedung Putih pada hari Kamis (12/5) lalu dilanjutkan dengan pembicaraan di Departemen Negara Bagian pada hari Jum’at (13/5).

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Email Hosting

REKOMENDASI