Biden Tak Percaya Putin Tarik Tentara dari Perbatasan Ukraina

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM Presiden Rusia Vladimir Putin klaim bahwa ia telah menarik sebagian pasukan tentara dari perbatasan Ukraina, namun Presiden AS Joe Biden mengaku Amerika Serikat belum memverifikasi klaim tersebut.

“AS akan tetap memberikan diplomasi dan kesempatan untuk menghindari Rusia melakukan invasi,” kata Biden yang masih skeptis terhadap Rusia.

Cloud Hosting Indonesia

Sementara itu, Putin mengaku bahwa ia tidak menginginkan perang dan hanya akan melakukan negosiasi untuk menghindari Ukraina bergabung berasama NATO.

Melansir AP, Rabu (16/2), Rusia juga tidak menarik keseluruhan pasukannya karena mengaku bahwa tindakan mereka selanjutnya akan tergantung kepada perkembangan situasi.

“Dua jalan akan tetap terbuka, namun tidak usah diragukan lagi jika Rusia melanggar kesepakatan dengan invasi Ukraina, negara-negara yang bertanggungjawab tidak akan ragu untuk merespon,” lanjut Biden.

Lebih lanjut, Biden mengatakan bahwa klaim Rusia dalam menarik sebagian pasukannya bisa menjadi berita baik, namun hal itu belum dipastikan.

“Analisis kami mengatakan bahwa mereka masih dalam jumlah yang mengancam,” pungkas Biden.

Sementara itu, AS dan NATO yang terus memberikan peringatan bahwa Rusia bisa menginvasi kapan saja telah mengirimkan pasukan serta pasokan untuk menopang para aliansi di Eropa Timur.

Sedangkan Rusia telah membantah memiliki rencana untuk menginvasi. Rusia mengaku hanya ingin Barat untuk menjauhkan Ukraina dan negara-negara bekas Soviet lainnya dari aliansi, menghentikan penyebaran senjata di dekat perbatasan Rusia dan menarik mundur pasukan dari Eropa Timur.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Email Hosting

REKOMENDASI