Jokowi Minta Dukungan Prancis agar Pencak Silat Masuk Olimpiade 2024

BERITA TERKAIT

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo melobi Prancis untuk memasukan pencak silat dalam gelaran Olimpiade Paris 2024.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menjamu Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (10/2).

Cloud Hosting Indonesia

Jokowi ingin pencak silat menjadi pertandingan ekshibisi di Olimpiade. Ia berharap Parly menyampaikan usulan Indonesia itu kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron.

“Presiden Jokowi juga meminta dukungan Prancis agar olahraga pencak silat dapat masuk dalam pertandingan ekshibisi pada Olimpiade 2024 di Paris, Prancis,” dikutip dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Kamis (10/2).

Pada kesempatan itu, Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI).

Mimpi memasukkan pencak silat ke ajang Olimpiade juga pernah disampaikan oleh Prabowo. Dia menggagas hal itu setelah terpilih kembali sebagai Ketua Umum PB IPSI pada Musyawarah Nasional XV PB IPSI, 15-18 Desember 2021.

Prabowo meyakini harga diri bangsa Indonesia bisa terangkat jika pencak silat dipentaskan di Olimpiade. Namun, ia mengingatkan PB IPSI harus bekerja super keras meyakinkan berbagai pihak untuk mewujudkan hal itu.

“Kita ingin membawa pencak silat ke Olimpiade, untuk itu kita sangat butuh dukungan dari seluruh pihak. Sedikit demi sedikit pencak silat dilirik, digandrungi, dipelajari bangsa lain,” kata Prabowo dilansir Antara, 17 Desember 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali juga pernah menyatakan dukungan terhadap upaya mempertandingkan pencak silat di Olimpiade.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

BERITA TERBARU

TERPOPULER

Email Hosting

REKOMENDASI