HEADLINEHolopis

Bertemu AS dan Uni Eropa, Taliban Mulai Gerilya Cari Dukungan Internasional

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Mencari dukungan internasional, Taliban mulai melakukan gerilya dan bertemu secara tatap muka tatap muka dengan delegasi Uni Eropa dan Amerika Serikat di Qatar, Selasa (12/10).

Dilansir dari AFP, Menteri Luar Negeri Afghanistan era Taliban, Amir Khan Muttaqi, mengatakan bahwa pihaknya menggelar rangkaian pertemuan di Qatar karena ingin menjalin hubungan yang baik dengan dunia internasional.

“Kami ingin hubungan positif dengan seluruh dunia. Kami yakin pada relasi internasional yang seimbang. Kami yakin hubungan berimbang itu dapat menyelamatkan Afghanistan dari ketidakstabilan,” ujar Muttaqi.

Seperti yang dikutip dari Reuters, Juru bicara Uni Eropa, Nabila Massrali, menyatakan bahwa pertemuan ini akan memberikan gambaran kepada blok negara-negara Barat itu cara untuk menanggapi isu Afghanistan.

“Ini merupakan pertemuan informal di tingkat teknis. Ini tidak berarti pengakuan terhadap pemerintahan interim [Taliban],” ucap Massrali.

Saat ini, Taliban tengah berupaya untuk mendapatkan pengakuan dari dunia internasional. Namun, dunia masih menanti tindak-tanduk Taliban dalam menepati janjinya untuk membentuk pemerintahan inklusif dan menghargai perempuan.

BERITA TERKAIT