HEADLINEHolopis

Viral Baim Wong Marahi Kakek, Psikolog: Kecemburuan Sosial Menjadi Faktor Budaya Minta-minta

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Baim Wong tengah menjadi perbincangan warganet akibat video viral yang menunjukkan ia sedang memarahi seorang kakek bernama Suhud.

Menurut Baim Wong kakek Suhud sudah mengikutinya dari jauh dengan menggunakan motor sambil meminta uang. Baim pun merasa jengkel dengan cara kakek Suhud yang menurutnya tidak sopan.

Sementara menurut kakek Suhud, ia hanya menawarkan buku kepada Baim, dan tersinggung saat melihat Baim yang seolah mengoloknya dengan memberikan uang kepada driver ojol dan mengabaikan dirinya.

“Namanya orang kecil, ya saya diam saja. Saya duduk saja merenungi diri sendiri,” kata Suhud.

Tidak sedikit warganet yang merasa kecewa dengan sikap Baim Wong yang dianggap kasar kepada kakek dan tidak bersimpati. Terlebih Baim yang dikenal selalu membagikan rezeki di kanal Youtubenya.

Menanggapi fenomena budaya meminta di Indonesia, Psikolog Klinis Universitas Jayabaya Sri Mulyani Nasution mengatakan, kecemburuan sosial menjadi salah satu faktor utama.

Dimana ada sebuah anggapan dalam budaya Indonesia yang mengatakan orang kecil adalah tanggung jawab masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lebih baik, dan bertanggung jawab kepada mereka yang kurang beruntung.

“Ini terlihat dari beberapa fenomena seperti mobil yang selalu disalahkan jika mengalami kecelakaan dengan sepeda motor, dan masyarakat yang rela mengaku miskin demi mendapatkan subsidi/bantuan sosial,” kata Sri Mulyani Nasution saat dihubungi Redaksi Holopis.com.

BERITA TERKAIT