• EKONOMI

PON XX Papua Harap Tingkatkan Ekonomi dan UMKM Lokal

BERITA TERKAIT

Lebih

    JAKARTA, HOLOPIS.COM Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Eddy Satriya menyampaikan, bahwa agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional yang akan digelar di Papua bisa memberikan nilai lebih bagi pengusaha dan UMKM di wilayah Indonesia Timur itu.

    Ia menyarankan agar UMKM lokal di Papua bisa memaksimalkan pemanfaatan toko online alias e-commerce untuk pengembangan ekonomi seiring ajang olahraga yang tengah digarap oleh pemerintah itu.

    “(Semoga) seluruh komponen bisa bersinergi memaksimalkan PON menjadi ajang peningkatan ekonomi lokal khususnya Papua dan lebih khusus lagi bagi UMKM,” kata Eddy kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (18/9).

    Eddy memaparkan meski pandemi COVID-19 melanda di Indonesia termasuk di Papua sendiri, literasi dan pemanfaatan digital untuk menunjang perbaikan ekonomi, khususnya penggunaan e-commerce melonjak tinggi.

    Berbagai sektor komunikasi dan informasi dalam skala yang cukup besar dinilai harus dimanfaatkan terus-menerus, terutama untuk UMKM.

    Ia mengatakan. penyelenggaraan PON XX menjadi perhatian bagi para olahragawan, berbagai asosiasi dan pelaku ekonomi khususnya di Papua. Karena itu, diharapkan bersama Grab dapat membangkitkan ekonomi dengan mendorong aspek digitalisasi.

    Sementara itu, Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan setelah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI di Papua bisa meningkatkan pertumbuhan UMKM yang sekaligus dapat meningkatkan perekonomian wilayah itu.

    Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Rabu, mengatakan selain itu, diharapkan semakin banyak generasi muda atau milenial untuk lebih memilih profesi sebagai wirausaha muda.

    “Karena UMKM merupakan lapangan kerja sama yang luas bagi setiap generasi muda di Bumi Cenderawasih,” katanya.

    Menurut Musaad, sesuai dengan visi gubernur, kebangkitan, kemandirian dan kesejahteraan Papua dapat dilaksanakan berdasarkan asas keadilan.

    “Di mana PON XX ini dijadikan momentum untuk berbagai aspek, khususnya untuk ekonomi yakni sebagai momentum guna kebangkitan UMKM di Papua,” ujarnya.

    BERITA TERKAIT

    Lebih

      BERITA TERBARU

      TERPOPULER