BerandaNewsKesehatanPemerintah Maksimalkan Vaksinasi ke Kaum Disabilitas di Jawa dan...

Pemerintah Maksimalkan Vaksinasi ke Kaum Disabilitas di Jawa dan Bali

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg Widyawati menyampaikan, bahwa pemerintah tengah menggenjot vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat berkebutuhan khusus, alias difabel atau disabilitas.

ADVERTORIAL SPACE

Ada enam provinsi yang akan disasar menjadi target percepatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat disabilitas. Yakni 225 ribu dosis harus disuntikkan dan selesai di bulan Oktober tahun ini.

​​”Vaksinasi diberikan melalui fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra-sentra vaksinasi COVID-19,” kata Widyawati, Minggu (15/8/2021).

Enam provinsi tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Vaksin yang akan digunakan untuk kalangan disabilitas ini adalah Sinopharm, yang menjadi program bantuan dan hibah dari Raja Uni Emirat Arab.

Dalam pelaksanannya, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Kementerian Dalam Negeri untuk pendataan dan pendaftaran NIK dari kelompok sasaran disabilitas.

Kelompok Disabilitas sendiri masuk ke dalam sasaran tahap 3 yaitu masyarakat rentan. Secara keseluruhan terdapat 562.242 target sasaran vaksinasi pada kelompok penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Surat Edaran yang menyatakan bahwa penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan/sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP. Hal ini Sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/598/2021 Tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, Serta Pendidik, dan Tenaga Pendidikan.

“Tentunya kegiatan vaksinasi berjalan dengan adanya kerjasama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk melakukan mobilisasi masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas, mendaftarkan, dan mengatur transportasi antar jemput masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas ke fasilitas pelayanan kesehatan tempat pelayanan vaksinasi COVID-19,” tambahnya.

Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan Surat Edaran nomor HK.02.02/III/15242/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 bagi Masyarakat Rentan dan Masyarakat Lainnya yang Belum Memiliki Nomor Induk Kependudukan. Surat Edaran itu ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

“Semangat yang mau kita jaga di sini adalah seluruh masyarakat Indonesia terlindungi dari paparan virus COVID-19,” pungkas Widyawati.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Zainut Tauhid Sarankan Budaya “Tongtek” Dihilangkan Saja

H Zainut Tauhid Sa'adi memberikan respons atas kemunculan banyak video konflik membangunkan sahur yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Teddy “Tabok Mulut” Mardani Ali Sera soal Pemilu Jujur

Teddy Gusnaidi memberikan sentilan keras kepada Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera yang tidak setuju dengan ucapan Gibran, bahwa ia ingin pemilu berlangsung jujur.

Harga Emas Antam Ngacir, Naik Rp10.000 Hari Ini

Harga emas Antam akhirnya kembali mengalami kenaikan yang signifikan pada perdagangan hari ini, Selasa (26/3).

Kasus BTS 4G Kominfo, Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Divonis 3 Tahun Penjara

Majelis Hakim menjatuhkan hukuman atau vonis tiga tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider empat bulan terhadap Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama.

6 Menu Sahur yang Menyehatkan

Makanan sehat dan bergizi diperlukan ketika sahur, untuk memulai hari dalam menjalankan ibadah puasa. Sebab, ketika berpuasa tubuh melakukan penyesuaian dengan pola makan baru yang dimana makan dua kali dalam sehari.

Siapa Sangka, Penggunaan Kacamata Anti Radiasi Jadi Hal Penting

Kita terpapar radiasi setiap hari, baik dari sinar matahari, peralatan elektronik, maupun perangkat teknologi lainnya. Apakah kacamata anti radiasi penting?

8 Menu Buka Puasa Sehat Tapi Tetap Nikmat

Ibadah puasa mengharuskan setiap orang menahan lapar dan haus, karena itu, asupan nutrisi dalam tubuh harus tetap terpenuhi agar tubuh tidak gampang lemas.

Apa Itu Tuberkulosis, Gejala dan Cara Pengobatannya

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang telah ada sejak zaman kuno, dan masih menjadi salah satu ancaman utama bagi kesehatan global pada masa kini.

Tak Cuma Kurma, Ini Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi untuk Sahur

Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga stamina dan energi selama berpuasa. Salah satu pilihan makanan yang cocok untuk sahur adalah buah-buahan segar.

4 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya Bisa Redakan Kulit Berjerawat

Buah alpukat selain memiliki rasa yang lezat dan khas, juga memiliki banyak manfaat loh untuk tubuh, terutama bagi kesehatan kulit.