BerandaNewsEkobizIni Jenis-jenis Bantuan Untuk Masyarakat Pada Masa PPKM Perpanjangan

Ini Jenis-jenis Bantuan Untuk Masyarakat Pada Masa PPKM Perpanjangan

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS. COM – Pemerintah resmi melakukan perpanjangan PPKM level 4 yang diklaim akan dilakukan penyesuaian peraturan.

ADVERTORIAL SPACE

Dalam masa pemberlakuan PPKM tersebut, pemerintah menyiapkan triliunan rupiah untuk diberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak kebijakan tersebut.

Salah satunya pertama yakni bantuan j kepada dunia usaha yaitu untuk sewa toko di pusat perbelanjaan atau Mall. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa pemerintah akan memberikan insentif fiskal berupa pajak pertambahan nilai yang ditanggung oleh pemerintah ataupun DPP untuk masa pajak bulan Juni sampai dengan Agustus 2021 ini.

“PMK sedang dalam proses kemudian akan diberikan juga untuk beberapa sektor lain yang terdampak termasuk transportasi pariwisata yang ini sedang dalam finalisasi, ” kata Airlangga, Minggu (25/7).

Kemudian Airlangga juga mengatakan, ada bantuan UMK yaitu bantuan produktif usaha mikro atau yang dinamakan Banpres. Dimana dalam bantuan tersebut untuk usaha usaha mikro yang terdampak khususnya di level 4 PPKM

“Yang diberikan bantuan presiden usaha mikro itu besarnya adalah 3 juta yang akan dibagikan di Kuartal kedua ini jadi di masing-masing menerima Rp 1,2 juta dan ini ada satu setengah juta yang dipersiapkan untuk bantuan warung dan PKL. Pemerintah memberikan bantuan untuk warung dan PKL dengan skema sama dengan BPUM yaitu untuk satu juta penerima dengan bantuan 1,2 dan ini akan dibagi-bagikan melalui TNI dan Polri, ” jelasnya.

Sementara itu, bantuan untuk di luar pulau Jawa dan Bali, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah bantuan lainnya bagi masyarakat berupa sembako.

“Di luar Jawa-Bali selanjutnya kami ingin menambahkan terkait dengan pemberian bantuan sosial baru masyarakat di Kabupaten kota untuk penerapan PPKM level 4 bantuan sosial yang diterima oleh masyarakat selama PPKM level 4 antara lain menambah bantuan kartu sembako itu besarnya Rp 200.000 untuk 2 bulan dan penerimanya adalah 18,8 juta keluarga penerima manfaat, ” paparnya.

Dijelaskan oleh Airlangga, penerima Kartu sembako PPKM sebanyak 5,9 juta keluarga penerima manfaat ini merupakan usulan daerah. Selain itu ditambahkan juga nominal besarannya sebesar Rp 200.000 per bulan selama 6 bulan.

“Kemudian perpanjangan bantuan sosial tunai untuk 2 bulan Mei sampai dengan Juni ini disalurkan di bulan Juli sebesar Rp 6,14 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat,” tambahnya.

Selain itu pemerintah juga akan melanjutkan subsidi kuota internet selama 5 bulan Agustus sampai Desember ini untuk 38,1 juta penerima besarnya Rp 5,54 triliun.

Untuk bantuan diskon listrik selama 3 bulan Oktober sampai dengan Desember, besarnya mencapai Rp 1,91 triliun untuk 32,6 juta pelanggan.

“Kemudian melanjutkan bantuan rekening minimum biaya abodemen selama 3 bulan Oktober sampai Desember itu untuk 1,14 juta pelanggan besarnya Rp 420 miliar, ” terangnya.

Kemudian dilanjutkan Airlangga, ada tambahan Rp 10 Triliun untuk kartu pra kerja di mana ini akan digunakan untuk bantuan subsidi upah bantuan subsidi upah ini dengan besaran mencapai Rpn8,8 Triliun.

“Sisanya Rp 1,2 triliun akan diberikan kepada kartu pra kerja bantuan subsidi upah ini diberikan kepada pekerja yang mendapatkan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan dan ini untuk level 3 dan 4 untuk diberikan bantuan ini 2 x 600 ribu, ” tukasnya.

“Bantuan beras 10 kilo untuk 28,8 juta keluarga penerima manfaat yang tahap pertama disalurkan ke 20 juta KPM dan tahap kedua 8,8 juta KPM,” tambahnya. (Mhd)

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Manfaat Buah Apel untuk Kecantikan, Bisa Jadi Obat Jerawat?

Manfaat kesehatan buah apel sudah tidak perlu diragukan lagi. Istilah an apple a day keeps the doctor away atau sebuah apel setiap harinya menjauhkan dokter sudah sering diajarkan ke banyak generasi. Selain baik untuk kesehatan, buah apel juga bisa menjaga kecantikan loh, Sobat Holopis.

BI Batasi Layanan Penukaran Uang 5.000 Orang per Hari

Bank Indonesia bersama dengan 16 perbankan Indonesia membuka layanan penukaran uang menjelang Lebaran 2024, dengan kuota per harinya sebanyak 5.000 orang.

Pendanaan Pinjol ke Sektor Pendidikan Capai Rp2,47 Triliun

total pendanaan pinjol ke sektor pendidikan per Januari 2024 mencapai Rp 2,47 triliun, atau 1,49 persen dari total penyaluran pinjaman ke sektor produktif yang tercatat sebesar Rp 165,82 triliun

Harga Emas Antam Gacor, Tembus Rp1.222.000 per Gram

Harga emas Antam kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

IHSG Tersungkur ke Zona Merah Jelang Libur Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Fluktuatif

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) alias emas pegadaian harga emas Pegadaian bergerak fluktuaktif pada perdagangan Kamis (28/3).

Cek IHSG Hari Ini Jelang Libur Panjang Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal bergerak menguat pada perdagangan Kamis (28/3), menjelang libur Hari Raya Paskah.

Lokasi Samsat Keliling Wilayah Jadetabek, Kamis 28 Maret

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Kamis 28 Maret 2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Kamis 28 Maret

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, hari Kamis 28 Maret 2024 beroperasi di 5 wilayah mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Hindari 4 Makanan Ini Saat Sahur agar Tidak Lemas saat Puasa

Puasa merupakan ibadah yang penting bagi umat Islam, di mana mereka menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari fajar hingga matahari terbenam. Karena itu lah sahur, sangat penting untuk memberikan energi yang cukup untuk menjalankan puasa dengan kuat dan bertenaga sepanjang hari.