BerandaNewsEkobizLegislator Ingatkan Utang Pemerintah Dalam Kondisi Lampu Merah

Legislator Ingatkan Utang Pemerintah Dalam Kondisi Lampu Merah

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hasil laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2020 yang disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI pada Rapat Paripurna lalu, terungkap utang pemerintah mencapai Rp 6.074,56 triliun.
Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir menilai, besarnya utang tersebut mengindikasikan lampu merah bagi pemerintah. Kemampuan pemerintah membayar utang terus menurun.
“Melonjaknya utang pemerintah dan biaya bunga sudah lampu merah, karena melewati batas PDB (Produk Domestik Bruto). Jadi ini betul-betul gawat. Artinya, ruang fiskal sudah sempit,” kata Hafisz seperti dilansir dari dpr.go.id, Jumat (25/6).
BPK dalam laporannya, mengungkap, rasio utang Indonesia terhadap penerimaan sudah tembus 369 persen atau jauh di atas rekomendasi International Debt Relief (IDR).
Standar IDR, lanjut Hafisz, untuk rasio utang yang stabil berada di 92-176 persen. Rasio utang yang terus meningkat 41.65 persen bisa membuat kemampuan pemerintah menurun untuk membayar utang dan bunganya.
Sudah terjadi pula kelebihan ambang batas debt to service ratio yang direkomendasikan IMF (IDR) berkisar 25-35 persen. Saat ini saja telah mencapai 46.77 persen. “Sebetulnya ini sudah menjadi peringatan keras bagi pemerintah dalam pengelolaan keuangan, karena dapat menciptakan fraud,” tandas politisi PAN itu.
Ditambahkan Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR ini, posisi utang pemerintah naik cukup tajam dibandingkan akhir 2019 lalu.
Berarti setiap satu tahun, utang bertambah Rp1.296,56 triliun dari akhir 2019 yang tercatat Rp4.778 triliun, Pertumbuhan utang pemerintah selama lima tahun terakhir telah melebih pertumbuhan GDP (Gross Domestic Product), sehingga menciptakan ruang debt yang tinggi.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Sidang Gugatan PHPU Ditunda Sampai Senin, Ini Agendanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sidang gugatan PHPU (perselisihan hasil pemilihan umum) hari kedua sudah selesai. Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menunda persidangan hingga hari Senin...

Otto Hasibuan Pukul Balik Tuduhan Kecurangan Pemilu 2024 : Kami Buktikan!

Anggota Tim Kuasa Hukum pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Otto Hasibuan membantah pihaknya melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Pilpres 2024.

Hore! Ada Diskon Tarif Tol hingga 20 Persen saat Mudik Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sejumlah ruas tol dikabarkan bakal diberlakukan diskon tarif pada momen mudik Lebaran Idul Fitri 2024. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Anggota...

Bos Pertamina Buka-bukaan Alasan Tahan Harga Pertamax Cs

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menyampaikan alasan pihaknya menahan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, seperti Pertamax Cs. Padahal di sisi lain, SPBU lain telah melakukan penyesuaian harga.

BI Batasi Layanan Penukaran Uang 5.000 Orang per Hari

Bank Indonesia bersama dengan 16 perbankan Indonesia membuka layanan penukaran uang menjelang Lebaran 2024, dengan kuota per harinya sebanyak 5.000 orang.

Pendanaan Pinjol ke Sektor Pendidikan Capai Rp2,47 Triliun

total pendanaan pinjol ke sektor pendidikan per Januari 2024 mencapai Rp 2,47 triliun, atau 1,49 persen dari total penyaluran pinjaman ke sektor produktif yang tercatat sebesar Rp 165,82 triliun

Harga Emas Antam Gacor, Tembus Rp1.222.000 per Gram

Harga emas Antam kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

IHSG Tersungkur ke Zona Merah Jelang Libur Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Fluktuatif

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) alias emas pegadaian harga emas Pegadaian bergerak fluktuaktif pada perdagangan Kamis (28/3).

Cek IHSG Hari Ini Jelang Libur Panjang Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal bergerak menguat pada perdagangan Kamis (28/3), menjelang libur Hari Raya Paskah.