BerandaNewsPandemi Tingkatkan Penggunaan Dompet Digital

Pandemi Tingkatkan Penggunaan Dompet Digital

Lainnya :

BONE, HOLOPIS.COM – Rangkaian Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siber kreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada Selasa, 15 Juni 2021 di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.
Kolaborasi ketiga lembaga ini, khusus pada penyelenggaraan Literasi Digital pada wilayah Sulawesi. Sebagai kegiatan pembuka, moderator memperkenalkan beberapa narasumber yang hadir pada hari ini, yaitu Dr. Alem Febri Sonni selaku Dosen Ilmu Komunikasi UNHAS, Iqbal Badillah selaku analis kredit Bank Sulawesi Selatan, Canny Watae selaku Direktur Prisma Komunika, dan Dody Kurniawan selaku pegiat media kreatif. Pada episode kali ini diikuti oleh 632 peserta dari berbagai kalangan. Rangkaian Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.
Narasumber pertama yang menyampaikan materinya ialah Dr. Alem Febri Sonni dengan materi ‘Cara Menggunakan Dompet Digital dalam Transaksi Elektronik’. Dr. Alem membuka sesinya dengan menjelaskan mengenai lima merek dompet digital yang umum digunakan di masyarakat. Ia juga menggarisbawahi bahwa berdasarkan survei yang dilakukan oleh Ipsos pada tahun 2020, penggunaan dompet digital meningkat drastis.
Hal tersebut menurutnya didasari oleh situasi saat ini yang tengah dilanda pandemi sehingga masyarakat membatasi interaksi secara langsung. Selain itu, Dr. Alem juga membeberkan beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih merek dompet digital, contohnya sebaiknya gunakan merek yang sudah memiliki fitur verifikasi dua langkah agar lebih aman dari ancaman peretas.
Sesi selanjutnya diisi oleh Iqbal Badillah yang mengangkat tema ‘Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital.’ Dalam sesinya, Iqbal menekankan bahwa pengguna internet penting untuk memperhatikan cara dan etika dalam berkomunikasi di internet. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi di internet adalah mengamankan perangkat yang digunakan untuk mengakses internet, jangan mudah percaya pada apapun yang berada di internet, dan tidak lupa untuk menghargai pengguna lain.
Narasumber ketiga ialah Canny Watae dengan materi ‘Pilih Mana? Nabung atau Belanja Online?.’ Canny membuka sesi dengan memaparkan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, belanja daring mulai digandrungi oleh masyarakat berkat kemudahannya saat bertransaksi. Hal ini menyebabkan masyarakat cenderung menjadi lebih konsumtif. Perilaku konsumtif tersebut juga didasari oleh peralihan penggunaan dari uang fisik ke uang digital.
Narasumber terakhir ialah Dody Kurniawan yang mengusung tema ‘Main Aman Saat Belanja Online.’ Dalam sesinya, Dody menyampaikan tentang adanya risiko penipuan dari maraknya kegiatan belanja daring yang dilakukan oleh masyarakat saat ini. Doni mengimbau masyarakat untuk waspada dan perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan transaksi jual beli daring.
Salah satunya di antaranya adalah cermat dalam memilih harga barang dan jangan langsung tertipu dengan harga yang murah. Selain itu, Dody juga memberikan beberapa tips dalam melakukan jual beli dengan sistem bayar di tempat (cash on delivery), seperti melakukannya di tempat ramai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Setelah sesi pemaparan materi ditutup oleh sesi tanya jawab yang dikomandoi moderator. Salah satu pertanyaan menarik ditanyakan oleh Nabila tentang bagaimana cara mengedukasi orang tua untuk menghindari penipuan dalam bentuk SMS. Menurut Alem, hal ini bisa diatasi dengan menjelaskan mengenai pentingnya data pribadi yang mungkin dapat bocor apabila berinteraksi dengan SMS berisi penipuan tersebut.
Kegiatan Literasi Digital ‘Indonesia Makin Cakap Digital’ di Sulawesi akan diselenggarakan secara virtual mulai dari Mei 2021 hingga Desember 2021 dengan berbagai konten menarik dan materi yang informatif yang pastinya disampaikan oleh para narasumber terpercaya. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sesi webinar selanjutnya, informasi bisa diakses melalui https://www.siberkreasi.id/ dan akun sosial media @Kemenkominfo dan @siberkreasi, serta @siberkreasisulawesi khusus untuk wilayah Sulawesi.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Jadwal Liga 1 Hari Ini : Persebaya Main, PSM vs PSIS

Liga 1 pekan ke-31 kembali berlanjut, akan ada sejumlah pertandingan seru yang tersaji. Berikut jadwal laga selengkapnya.

TERPOPULER

Alvin Lim Tegur Pendeta Gilbert, Hormati Ibadah Umat Islam

Alvin Lim memberikan kritikan dan teguran kepada Pendeta Gilbert Lumoindong yang dinilainya telah merendahkan dan menghina syariat agama Islam di dalam salah satu sesi khotbahnya.

Rekomendasi :