BerandaNewsKesehatanHoax Vaksin COVID-19 Mengandung Mikrocip Magnetis

Hoax Vaksin COVID-19 Mengandung Mikrocip Magnetis

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Baru-baru ini beredar narasi yang menyebutkan vaksin COVID-19 mengandung mikrocip magnetis. Narasi tersebut tidak benar dan masyarakat diminta tidak terpengaruh.
Beberapa video tentang hoax itu sudah beredar di media sosial. Unggahan-unggahan tersebut menunjukkan seseorang meletakkan koin uang Rp.1.000 di lengan bekas suntikan vaksinasi COVID-19.
Hasilnya koin menempel seolah membuktikan narasi vaksin COVID-19 yang mengandung mikrocip magnetis adalah benar.
Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Prof. Dr. dr. Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan persoalan tersebut perlu dikaji dengan baik.
Ia menjelaskan lubang jarum suntik sangat kecil, tidak ada partikel magnetik yang bisa melewati.
“Vaksin berisi protein, garam, lipid, pelarut, dan tidak mengandung logam. Jadi perlu dijelaskan bahwa berita itu hoax,” katanya seperti dilansir dari kemkes.go.id, Minggu (30/5).
Lebih jauh Jubir Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan vaksin mengandung bahan aktif dan non aktif, dimana bahan aktif berisi antigen dan bahan non aktif berisi zat untuk menstabilkan, menjaga kualitas vaksin agar saat disuntikan masih baik.
Adapun jumlah cairan yang disuntikan hanya 0,5 cc dan akan segera menyebar di seluruh jaringan sekitar, sehingga tidak ada carian yang tersisa.
“Sebuah logam dapat menempel di permukaan kulit yang lembab biasanya disebabkan keringat. Pecahan uang loga seribu rupiah terbuat dari bahan nikel dan nikel bukan bahan yang bisa menempel karena daya magnet,” ucapnya.

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Zainut Tauhid Sarankan Budaya “Tongtek” Dihilangkan Saja

H Zainut Tauhid Sa'adi memberikan respons atas kemunculan banyak video konflik membangunkan sahur yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Teddy “Tabok Mulut” Mardani Ali Sera soal Pemilu Jujur

Teddy Gusnaidi memberikan sentilan keras kepada Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera yang tidak setuju dengan ucapan Gibran, bahwa ia ingin pemilu berlangsung jujur.

Harga Emas Antam Ngacir, Naik Rp10.000 Hari Ini

Harga emas Antam akhirnya kembali mengalami kenaikan yang signifikan pada perdagangan hari ini, Selasa (26/3).

Kasus BTS 4G Kominfo, Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Divonis 3 Tahun Penjara

Majelis Hakim menjatuhkan hukuman atau vonis tiga tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider empat bulan terhadap Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama.

6 Menu Sahur yang Menyehatkan

Makanan sehat dan bergizi diperlukan ketika sahur, untuk memulai hari dalam menjalankan ibadah puasa. Sebab, ketika berpuasa tubuh melakukan penyesuaian dengan pola makan baru yang dimana makan dua kali dalam sehari.

Siapa Sangka, Penggunaan Kacamata Anti Radiasi Jadi Hal Penting

Kita terpapar radiasi setiap hari, baik dari sinar matahari, peralatan elektronik, maupun perangkat teknologi lainnya. Apakah kacamata anti radiasi penting?

8 Menu Buka Puasa Sehat Tapi Tetap Nikmat

Ibadah puasa mengharuskan setiap orang menahan lapar dan haus, karena itu, asupan nutrisi dalam tubuh harus tetap terpenuhi agar tubuh tidak gampang lemas.

Apa Itu Tuberkulosis, Gejala dan Cara Pengobatannya

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit menular yang telah ada sejak zaman kuno, dan masih menjadi salah satu ancaman utama bagi kesehatan global pada masa kini.

Tak Cuma Kurma, Ini Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi untuk Sahur

Konsumsi makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga stamina dan energi selama berpuasa. Salah satu pilihan makanan yang cocok untuk sahur adalah buah-buahan segar.

4 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya Bisa Redakan Kulit Berjerawat

Buah alpukat selain memiliki rasa yang lezat dan khas, juga memiliki banyak manfaat loh untuk tubuh, terutama bagi kesehatan kulit.