BerandaNewsBMKG: Waspada Badai Siklon Tropis Odette Terdeteksi

BMKG: Waspada Badai Siklon Tropis Odette Terdeteksi

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.
BMKG telah mendeteksi bibit Siklon 90s atau Siklon Tropis Odette, sejak 2 April 2021. BMKG menjelaskan, Siklon Odette muncul bersamaan dengan Badai Seroja.
Siklon Tropis Odette ini berawal dari bibit siklon 90s di Samudra Hindia. Posisi Siklon Tropis Odette, dipantau pada Jumat (9/4) berada di 14 derajat Lintang Selatan (LS) dan 107 derajat bujur Timur (BT), atau sekitar 780 km selatan barat daya dari Cilacap.
“Kami sampaikan kepada masyarakat Indonesia untuk mengantisipasi dampak tidak langsung, karena posisinya sudah cukup jauh sekitar 780 kilometer, tetapi masih dapat memberikan dampak tidak langsung ke wilayah Indonesia.
Terutama berupa gelombang sangat tinggi dapat mencapai ketinggian 4-6 meter di wilayah perairan Samudera Hindia,” ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers virtual yang dipantau di Jakarta, Jumat (9/4).
Menurut Rita, dampak Siklon Tropis Odette tersebut mengakibatkan gelombang perairan di sebelah barat Bengkulu hingga sebelah barat Lampung, kemudian sebelah selatan Jawa mulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, sebelah selatan Bali, dan sebelah Selatan Nusa Tenggara Barat.
Setelah siklon tropis atau badai seroja yang merusak sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur disebut telah menjauhi Indonesia.
Sebelumnya, Siklon Seroja telah menyebabkan banjir bandang di NTT dan hingga Jumat (9/4) tercatat korban meninggal dunia sebanyak 165 orang. Sementara korban hilang sebanyak 45 orang.
Untuk penjelasan lebih lanjut terkait dampak Siklon Odette dan Siklon Seroja, simak pembahasan selengkapnya bersama Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dan Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Raditya Jati. (Mhd)

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

Zainut Tauhid Sarankan Budaya “Tongtek” Dihilangkan Saja

H Zainut Tauhid Sa'adi memberikan respons atas kemunculan banyak video konflik membangunkan sahur yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Teddy “Tabok Mulut” Mardani Ali Sera soal Pemilu Jujur

Teddy Gusnaidi memberikan sentilan keras kepada Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera yang tidak setuju dengan ucapan Gibran, bahwa ia ingin pemilu berlangsung jujur.

Harga Emas Antam Ngacir, Naik Rp10.000 Hari Ini

Harga emas Antam akhirnya kembali mengalami kenaikan yang signifikan pada perdagangan hari ini, Selasa (26/3).

Kasus BTS 4G Kominfo, Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Divonis 3 Tahun Penjara

Majelis Hakim menjatuhkan hukuman atau vonis tiga tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider empat bulan terhadap Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera Windi Purnama.

Tim Hukum Anies-Imin Minta Pemilu 2024 Diulang Tanpa Gibran, Begini Respons Ketua MK

Ketua MK Suhartoyo mengatakan bahwa ia belum bisa mengomentari lebih jauh perihal tuntutan tersebut.

Massa Desak Polri Tangkap Hasto soal Hoaks Hasil Pemilu

Koalisi Aksi Masyarakat pedulu Pemilu Damai menggelar aksi unjuk rasa di depan Mabes Polri. Dalam aksinya, mereka mendesak agar Polri segera melakukan tindakan hukum terhadap Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Live Streaming : Rekapitulasi Suara Akhir Hasil Pemilu 2024 di KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia melaksanakan proses rekapitulasi suara ke 22 yang dilakukan secara nasional.

Real Count KPU 78% : Prabowo Gibran Dapat 75,38 Juta Suara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah melakukan rekapitulasi suara berjenjang dan mengunggahnya ke sistem informasi KPU untuk Pemilu 2024. Data masuk untuk...

Hasil NBA : Bucks Keok Lagi, Kali Ini Dibungkam Grizzlies Tipis Banget 113-110

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Milwaukee Bucks harus menerima pil pahit usai disikat Memphis Grizzlies pada lanjutan NBA, dengan skor tipis 113-110. Hasil itu jadi kekalahan...

Hasto Tak Sudi Percaya Quick Count Pasca Suara Ganjar-Mahfud Amblas

Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa pihaknya hanya akan memercayai hasil rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU RI sebagai lembaga resmi penyelenggara pemilu.