BerandaNewsEkobizKuota BBM Subsidi Menipis, Masyarakat Diminta Berhemat

Kuota BBM Subsidi Menipis, Masyarakat Diminta Berhemat

BACA JUGA

Berbagi Parsel Ramadan untuk Yatim dan Dhuafa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Pertamina mencatat kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi kian menipis. Hal itu lantaran konsumsi BBM yang meningkat pada Semester I-2022 ini.

ADVERTORIAL SPACE

Tercatat, konsumsi BBM Pertalite hingga Juli 2022 mencapai 16,8 juta KL dari kuota yang di tetapkan tahun ini, yakni sebanyak 23,6 juta KL. Artinya, kuota BBM Pertalite hanya tersisa 6,7 juta KL.

Sementara konsumsi Solar Subsidi sudah mencapai 9,9 juta KL dari kuota 14,91 juta di tahun ini, sehingga tersisa 5,01 juta KL.

Melihat kondisi tersebut, Menteri ESDM Arifin Tasrif meminta masyarakat untuk lebih bijak lagi dalam menggunakan BBM, khususnya BBM bersubsidi.

“Minyak harganya tinggi terus gak turun-turun jadi memang harus ada upaya upaya untuk efisiensi, masyarakat kita minta untuk supaya juga bisa hemat BBM,” kata Arifin (11/8).

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mewanti-wanti PT Pertamina agar lebih serius dalam mengendalikan laju konsumsi BBM subsidi. Pasalnya, apabila kuota BBM subsidi terus meningkat maka akan berdampak buruk terhadap APBN.

“Tentu saya berharap Pertamina untuk betul-betul mengendalikan volumenya, jadi supaya APBN tidak terpukul,” kata Menkeu Sri Mulyani beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, peningkatan volume penyaluran BBM bersubsidi dapat menyebabkan alokasi subsidi dan kompensasi energi melebihi dari pagu anggaran APBN yang sebesar Rp502 triliun pada tahun ini.

“Meskipun APBN-nya bagus, surplus sampai Juli, tapi tagihannya nanti kalau volumenya tidak terkendali akan semakin besar di semester dua,” kata Bendahara negara itu.

 

ADVERTORIAL SPACE

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis. Join yuk guys... !

Advertorial

BERITA TERBARU

Rekomendasi :

BI Batasi Layanan Penukaran Uang 5.000 Orang per Hari

Bank Indonesia bersama dengan 16 perbankan Indonesia membuka layanan penukaran uang menjelang Lebaran 2024, dengan kuota per harinya sebanyak 5.000 orang.

Pendanaan Pinjol ke Sektor Pendidikan Capai Rp2,47 Triliun

total pendanaan pinjol ke sektor pendidikan per Januari 2024 mencapai Rp 2,47 triliun, atau 1,49 persen dari total penyaluran pinjaman ke sektor produktif yang tercatat sebesar Rp 165,82 triliun

Harga Emas Antam Gacor, Tembus Rp1.222.000 per Gram

Harga emas Antam kembali mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

IHSG Tersungkur ke Zona Merah Jelang Libur Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona merah pada pembukaan perdagangan hari ini, Kamis (28/3).

Harga Emas Pegadaian Hari Ini Bergerak Fluktuatif

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero) alias emas pegadaian harga emas Pegadaian bergerak fluktuaktif pada perdagangan Kamis (28/3).

Cek IHSG Hari Ini Jelang Libur Panjang Paskah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bakal bergerak menguat pada perdagangan Kamis (28/3), menjelang libur Hari Raya Paskah.

Sidang Sengketa Pemilu 2024 Dimulai Perdana Hari Ini, Nasib IHSG Aman?

Hari ini, Rabu (27/3), MK akan menggelar sidang perdana terkait perkara sengketa pemilu 2024. Bagaimana pergerakan IHSG hari ini?

Ingat! THR Adalah Penghasilan Kena Pajak, Segini Bayarnya

THR (Tunjangan Hari Raya) yang didapat oleh para pekerja, merupakan penghasilan yang dikenakan pajak yang ditanggung sendiri.

Dampak Ekonomi Ramadan dan Lebaran 2024 Tak Semanis Tahun Lalu

Wakil Direktur Indef Eko Listiyanto memperkirakan, bahwa momentum Ramadan dan Lebaran tahun ini tidak akan memberikan dorongan signifikan pada pertumbuhan ekonomi.

CIMB Niaga Tingkatkan Customer Experience Nasabah Syariah Melalui Dual Banking

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui Unit Usaha Syariah (UUS/CIMB Niaga Syariah) tengah meningkatkan customer experience dengan konsisten menerapkan model operasional dual banking leverage model.