Hari Gunung Internasional 2022, Begini Tema dan Sejarah Singkatnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pada tanggal 11 Desember setiap tahunnya, masyarakat di seluruh penjuru dunia merayakan Hari Gunung Internasional.

Peringatan Hari Gunung Internasional tak lepas dari sektor pariwisata pegunungan yang menyumbang 15 hingga 20 persen wisata global.

Sobat Holopis tentu tak heran dengan persentase tersebut. Sebab selain menghadirkan pemandangan yang indah, pegunungan juga kaya akan keanekaragaman hayatinya, mulai dari flora maupun fauna.

Tema Hari Gunung Internasional 2022

Berkaitan dengan hal tersebut, peringatan Hari Gunung Internasional di tahun 2022 ini mengangkat tema ‘Wisata Gunung Berkelanjutan’.

Diangkatnya tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata berkelanjutan di pegunungan sehingga dapat berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan, inklusi sosial, serta lanskap dan konservasi keanekaragaman hayati.

Diangkatnya tema tersebut dalam peringatan Hari Gunung Internasional merupakan salah satu upaya untuk melestarikan warisan alam, budaya dan spiritual, mempromosikan kerajinan lokal, hingga merayakan festival lokal.

Sejarah Hari Gunung Internasional

Beralih ke masa lampau, peringatan Hari Gunung Internasional bermula pada tahun 1992, dimana saat itu Perserikatan Bangsa-bangsa atau yang kerap disebut PBB tengah mengikuti agenda tentang lingkungan dan pembangunan.

Dengan melihat perhatian masyarakat terhadap gunung cenderung meningkat. PBB di tahun 2002 lalu menyatakannya sebagai tahun pegunungan internasional. Namun pengesahan Hari Gunung Internasional baru disahkan pada 2003, tepatnya pada tanggal 11 Desember 2003.

Dengan diperingatinya Hari Gunung tersebut, PBB berharap momentum itu dapat menciptakan kesadaran tentang pentingnya gunung bagi kehidupan manusia.

Peringatan itu juga diharapkan dapat menyoroti peluang dan kendala dalam pengembangan gunung untuk membangun aliansi yang membawa perubahan positif bagi lingkungan hingga masyarakat pegunungan di seluruh dunia.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Hari Korps Cacat Veteran RI yang Diperingati Setiap 19 Mei, Begini Sejarahnya

Peringatan Hari Korps Cacat Veteran (RI) Republik Indonesia, diperingati setiap tanggal 19 Mei sebagai wadah penghargaan pemerintah kepada para cacat veteran.

Hari Museum Internasional, 18 Mei : Begini Tema dan Sejarahnya

Hari Museum Internasional atau International Museum Day (IMD) diperingati pada tanggal 18 Mei di setiap tahunnya.

Sejarah Hari Buku Nasional, Mari Budayakan Kebiasaan Membaca

Hari ini adalah hari yang sangat spesial, khususnya untuk para Sobat Holopis yang memiliki hobi membaca. Setiap tanggal 17 Mei, merupakan Hari Buku Nasional (Harbuknas) di Indonesia.

Sejarah Gunting Kuku, Begini Awal Mulanya

Gunting kuku adalah sebuah alat yang digunakan untuk memotong kuku. Gunting kuku seperti kita ketahui, terbuat dari logam dengan prinsip kerja tuas.

Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia, Begini Sejarah dan Temanya

Setiap tanggal 17 Mei, dunia memperingati Hari Telekomunikasi dan Informasi Sedunia atau World Telecommunication and Information Society Day (WTISD).
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Hari Cacat Veteran Indonesia 2024

Berita Terbaru

Terpopuler

BMKG Ramal Cuaca Jabar Berpotensi Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jabar (Jawa Barat) yang terjadi pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2024.