BerandaHistoryHari Catur Sedunia, 20 Juli 2022 : Catur Lebih dari Sekadar Olahraga...

Hari Catur Sedunia, 20 Juli 2022 : Catur Lebih dari Sekadar Olahraga dan Permainan

Lainnya :

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Catur Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 20 Juli, tepat sehari setelah didirikannya Federasi Catur Dunia (FIDE) di tahun 1924.

Dipilihnya tanggal 20 Juli sebagai Hari Catur Sedunia, mulanya diusulkan oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan telah dirayakan sejak tahun 1966 silam setelah ditetapkan langsung oleh FIDE.

Catur itu sendiri yakni sebuah permainan papan strategi yang menampilkan dua pemain yang bertujuan untuk memindahkan jenis-jenis bidak permainan yang tersedia, dengan masing-masingnya memiliki serangkaian gerakan yang telah dipersiapkan atau ditentukan, di mana dalam permainannya mengusung misi menangkap bidak ‘raja’.

Misi Hari Catur Sedunia 2022

Dilansir dari situs resmi FIDE Rabu (20/7), Hari Catur Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Juli ini sekaligus merayakan ulang tahun FIDE yang ke-98.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana dalam peringatan ini turut mengundang untuk merayakan dan bergabung dalam sebuah kampanye, dengan misi mendorong anggota komunitas catur yang ada, untuk mengajari seseorang cara bermain catur

Misi ini tak hanya salah satu cara yang paling efektif untuk mengembangkan permainan, namun juga membantu menciptakan ikatan yang kuat di lingkup keluarga, lingkungan maupun di sekolah.

Itu lah mengapa inisiatif seperti ini mendapat sambutan yang hangat pada tahun 2020 dan 2021 sebelumnya, dan kini FIDE bertekad untuk menetapkan hal ini sebagai tradisi tetap di setiap tanggal 20 Juli, sebagai Hari Catur Sedunia.

Misi mengajari catur ini pun tak menyoal untuk orang dewasa atau lelaki saja, para komunitas catur dapat mengajari seorang anak cara bermain atau bahkan seorang wanita. Mengingat catur ini sejatinya lebih dari sekadar olahraga maupun permainan, ada manfaat yang tak kalah baik yang bisa didapat apabila kita bermain catur.

Manfaat Bermain Catur

Dilansir dari Sehatq, ternyata, ada banyak sekali manfaatnya bermain catur, baik untuk orang dewasa dan untuk anak-anak sekali pun.

Manfaat main catur bagi anak, sebagai berikut :

  • Dapat meningkatkan problem solving
  • Meningkatkan kemampuan verbal anak
  • Merangsang kemampuan otak
  • Meringankan gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
  • Meningkatkan skill sosial anak

Ada pun manfaat bermain catur secara umum, sebagai berikut :

  • Melatih diri untuk melihat dari sudur pandang orang lain
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Mengasah kreativitas
  • Melatih kemampuan untuk membuat perencanaan
  • Mencegah penyakit demensia
  • Meredakan gejala ADHD
  • Meredakan serangan panik
  • Baik untuk perkembangan kognitif dan mental anak.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Berita Terbaru

Balas Dendam, Rudal Israel Hantam Iran!

Rudal milik Israel telah mendarat di sebuah lokasi di Iran. Sikap ini pun menunjukkan Israel yang tak memerdulikan peringatan dari dunia internasional untuk tidak membalas serangan Iran.

TERPOPULER

Soal Amicus Curiae, Wasekbid Hankam PB HMI Jangan “Sandera” Kemandirian Hakim MK”

Muhammad Nur Latuconsina menilai, penggunaan istilah amicus curiae tidak ditemukan dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, maupun UU Nomor 24 tahun 2003 tentang MK terkait penanganan Pilpres.

Rekomendasi :