HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kendaraan yang melintasi Bundaran Hotel Indonesia (HI) dalam periode 23-30 Juni 2022, tercatat oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta sebanyak 98 ribu kendaraan.

Menurut Pelaksana Harian Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Emanuel Kristanto, pihaknya akan melakukan langkah komprehensif.

“Sehingga dibutuhkan penanganan lalu lintas yang komprehensif melalui uji coba rekayasa lalu lintas di Bundaran HI,” katanya, Selasa (5/7).

Rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan, yakni dari arah Senayan  (selatan) menuju Harmoni (utara). Emanuel mengatakan, imbasnya akan terjadi  di sekitar Simpang Sarinah dan Kebon Sirih.

Untuk mengantisipasi imbas tersebut, Dushub DKI Jakarta telah menyiapkan dua opsi yakni berputar di Bundaran Patung Kuda.

Namun, saat volume kendaraan mulai padat maka akan diarakan untuk berputar balik di di Jalan Medan Merdeka Barat atau di depan Kementerian Perhubungan.

Dishub DKI berharap, rekayasa tersebut bisa memgurangi kemacetan yang terjadi di persilangan arus lalu lintas di kawasan Bundaran HI.

Sebagai informasi, Dishub DKI Jakarta akan lakukan uji coba rekayasa lalu lintas di wilayah Bundaran HI pada pada 4-10 Juli 2022.

Rekayasa lalu lintas tersebut dikecualikan bagi angkutan umum TransJakarta dan kendaraan yang mengangkut VIP.