HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya sudah memiliki nama yang akan mendampingi Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) untuk menghadapi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Namun, Dasco tak mengungkapkan siapa tokoh calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo itu.

“Saya tidak bisa bicara, mengenai masalah cawapres lebih lanjut, karena sesuai anggaran dasar hal ini akan dibicarakan setelah rapimnas. Walaupun nama sudah di kantong,” kata Dasco, Selasa (5/7).

Dasco menegaskan, hingga kini Gerindra menyatakan solid mendukung Prabowo maju sebagai capres. Adapun pengusungan itu akan diumumkan Gerindra pada saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang menurut rencana digelar pada akhir Juli.

“Jadi kan mekanisme di partai Gerindra bahwa untuk forum memunculkan nama capres itu harus dilakukan di forum setingkat munas, yaitu di rapimnas,” ucapnya.

Lanjut Dasco, dalam rapimnas itu, Prabowo akan ditanyakan kesediaannya maju capres. Sementara, terkait mekanisme pencalonan wakil presiden dan lainnya akan dibahas melalui forum setelah rapimnas. “Sehingga pada saat rapimnas nanti hanya akan diumumkan soal capres saja,” tegas Dasco.

Sebelumnya diberitakan, Dasco mengisyaratkan bahwa dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden menjadi syarat mutlak, setidaknya bagi Gerindra.

“Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra melalui rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Juli 2022,” tambah dia.