HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pihaknya tetap konsisten menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam dana abadi pendidikan. Kini total dana terkumpul telah mencapai Rp119,1 triliun selama satu dekade perjalanan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Sri Mulyani mengatakan, alokasi dana abadi pendidikan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Tanah Air. Ia mengatakan, pembiayaan beasiswa untuk generasi terbaik bangsa merupakan salah satu keberpihakan APBN terhadap sektor pendidikan dan pengembangan SDM secara umum. Terlebih pemerintah juga memiliki target untuk mencapai visi Indonesia Maju 2045.

“Untuk mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045, salah satu prasyarat adalah tercapainya SDM yang berkualitas. Dalam hal ini, LPDP berkontribusi dalam memperkuat kualitas SDM Indonesia melalui dukungan pendidikan kelas terbaik dunia,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (4/7).

Bendahara negara itu menyebut, kebijakan terkait dana abadi pendidikan ini juga cerminan keberlanjutan APBN yang tidak hanya untuk menjawab kebutuhan saat ini, namun juga tantangan yang dihadapi bangsa di masa depan.

Selain itu, manfaat dari kebijakan ini pun juga akan dirasakan dari generasi ke generasi, tak terbatas waktu atau pemerintahan yang akan terus silih berganti.