HOLOPIS.COM,JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kasus ini terus mengalami peningkatan yang saat ini didominasi dari wilayah Jawa-Bali yaitu 95%.

“Kalau dari segi kasus secara nasional 1.614 Jawa-Bali masih mewakili mayoritas atau 95% yaitu 1.579 kasus,” jelas Airlangga.

Kenaikan kasus Covid-19 ini diprediksikan karena kurangnya kepedulian dan kewaspadaan masyarakat yang berujung pada pengunduran protokol kesehatan hingga vaksinasi.

“Hasil diskusi dengan para epidemiologi, itu disebabkan karena kurang kewaspadaan dari beberapa negara dan terlalu terburu-buru mengundurkan protokol kesehatan maupun vaksin,” kata Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan.

Melihat kondisi seperti ini, Menkes menganjurkan untuk tetap menaati protokol kesehatan, menggunakan masker, dan melakukan vaksinasi hingga pandemi benar-benar berakhir.

“Pesan pertama yang perlu kita sampaikan adalah bahwa agar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yaitu tetap menggunakan masker jika di dalam ruangan, jika di kerumunan atau kondisi badan kita tidak sehat, dan vaksinasi booster,” lanjutnya.