Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Hari Buruh, Unjuk Rasa di Makassar Diwarnai Bakar Ban

MAKASSAR, HOLOPIS.COM – Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sejumlah organisasi buruh dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa dengan menyuarakan tuntutan mencabut Undang-undang Cipta Kerja hingga pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) sambil membakar ban, Sabtu (1/5).
Aksi ini ini terjadi di beberapa tempat seperti di perempatan Jalan AP Pettarani -Jalan Urip Sumohardjo, batas kota Makassar – Kabupaten Gowa. Akibatnya pihak kepolisian pun melakukan rekayasa arus lalu lintas dengan menutup sekitar lokasi demonstrasi.
Aksi unjuk rasa dimulai pukul 10.00 wita hingga pukul 14.00 wita, diperkirakan pada sore nanti beberapa kelompok buruh lainnya juga akan melakukan aksi yang sama.
Buruh yang tergabung Aliansi Perjuangan Rakyat (ALPAR) menuntut pemerintah untuk mencabut Undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.
“Cabut UU Cipta Kerja dan PP turunannya pasal 34, 45,36, 37. Sahkan UU Masyarakat adat. Tangkap dan adili pelaku eksploitasi UUD 1945 pasal 33 ayat 3 dan stop impor beras,” tegas jendral lapangan aksi, Taufiq.
Sementara itu, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menuntut hentikan pemutusan kerja secara sepihak terhadap para pekerja atau buruh dengan alasan masa pandemi.
“Stop PHK sepihak pada pekerja atau buruh di masa pandemi. Bayarkan THR penuh pada pekerja atau buruh sesuai edaran Menaker RI,” kata koordinator lapangan aksi, Abdul Muis.
Pihak keamanan dari Polrestabes Makassar telah menyiagakan ribuan personelnya dibeberapa tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi peringatan Hari Buruh Internasional.
“Jumlahnya kita kerahkan untuk Polrestabes Makassar saja itu ada sekitar 1500 personel kita siagakan. Belum lagi dari tambahan dari Polda Sulsel,” kata Kepala Bagian Operasi Polrestabes Makassar, Kompol Nugraha Pamungkas.
Walaupun diwarnai dengan aksi bakar ban, peringatan Hari Buruh Internasional yang diperingati para buruh dan mahasiswa Makassar masih berjalan kondusif. (Mhd)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru