Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Begini Cara Cek Hewan Kurban Kena PMK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Salah satu dokter hewan, drh. Henryetha Ika Riestanti membagikan tips bagaimana cara memilih bintang atau hewan ternak agar bebas dari virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini tengah mewabah di Indonesia.

Di dalam penjelasannya di tengah diskusi bertemakan “Cara Aman Mengkonsumsi Daging Kurban di saat Wabah PMK” tersebut, ia mengimbau agar masyarakat memperhatikan apakah hewan ternak itu terdapat benjolan semacam melepuh berisi cairan di mulut hewan tersebut. Jika ada, maka diduga kuat hewan tersebut terjangkit virus PMK.

Selain melihat mulutnya, Wakil sekretaris Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD) Sidoarjo tersebut juga mengimbau masyarakat melihat juga di bagian lidahnya apakah terlihat seperti mengelupas. Sementara, di bagian kaki tepatnya di bagian kukunya apakah ada semacam koreng.

“Jika ciri itu ada semua, maka saya sarankan jangan dibeli,” katya drh Henryetha, Sabtu (2/7).

Perlu diketahui, bahwa Indonesia saat ini tengah dilanda wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak. Bahkan, berdasarkan catatan dari Satgas PMK, per tanggal 2 Juli 2022 tercatat ada 314.136 hewan ternak terjangkit PMK.

Dari seluruh total data yang ada, sebanyak 203.944 hewan ternak masih aktif mengidap PMK, sementara 105.483 ekor dinyatakan sembuh. Kemudian 2.731 ekor terpaksa dipotong bersyarat dan 1.978 ekor mati akibat PMK.

Setidaknya, skala nasional terdapat 227 Kabupaten/Kota di 20 Provinsi yang menjadi kawasan terjangkit PMK. Dan hewan ternak yang sudah menjadi korban di dalam wabah PMK tersebut adalah ;

Kambing : 7 ekor
Sapi : 1.949 ekor
Domba : 8 ekor
Kerbau : 14 ekor
Babi : 0 ekor.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru