HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengumbar janjiv bahwa pihaknya akan mempercepat vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Jawa Tengah.

Padahal, sampan hari ini saga tercatat provinsi Jawa Tengah baru melakukan vaksinasi PMK sebanyak 19.919 suntikan.

“Sampai hari ini sudah 19.919 vaksin PMK telah kita suntikan pada hewan ternak,” kata Ganjar Pranowo dalam akun Twitternya @ganjarpranowo, Sabtu (2/7).

Kader PDIP itu kemudian juga menyampaikan bahwa Provinsi Jawa Tengah telah menerima jatah vaksin sebanyak 75.000.

“Ada 75.000 vaksin yang sudah kita terima dan akan kita terima dan akan kita tancap gas terus untuk percepatan vaksin,” tukasnya.

Lanjut, dalam cuitannya, manton anggota DPR itu mengingatkan masyarakat agar hewan ternak tetap berada di kandang karena penularan PMK bisa terjadi melalui udara.

Selanjutnya, Ganjar juga menghimbau masyarakat supaya melaporkan hewan ternak yang sakit ke puskeswan terdekat atau ke kepala desa.

“Kalau di kampungmu ada hewan ternak yang sakit, segera laporkan ke puskeswan terdekat atau lapor saja kepada kepala desa,” tutupnya.

Perlu diketahui, sejak 29 Juni hingga 31 Desember 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menetapkan Status Keadaan Tertentu Darurat PMK.

Hal tersebut tertuang pada Keputusan Kepala BNPB Nomor 47 Tahun 2022 tentang Penetapan Status Keadaan tertentu Darurat PMK.