HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasar otomotif Indonesia akan diramaikan mobil – mobil hybrid seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) yang berencana luncurkan produk kendaraan hybridnya.

Menurut Direktur Pemasaran TAM, kendaraan hybrid produksi Toyota akan dihadirkan pasa semeter kedua tahun 2022.

“Untuk (kendaraan) hybrid kita juga akan ada satu produksi lokal di tahun ini juga. Jadi ditunggu saja di semester kedua,” ujar Anton (30/6).

Hadirnya produk hybrid ini diharapkan bisa jadi portofolio produk elektrifikasi Toyota. Serta jadi penambah komposisi kendaraan elektrifikasi khususnya di Indonesia.

Ini juga sebagai wujud Toyota yang mulai serius masuk ke segmen elektrifikasi yang saat ini perlahan mulai bermunculan.

“Market elektrifikasi yang dulu hampir dibilang nol, kecil, tahun lalu sudah 0,4 persen,” kata Anton

“Tahun ini kita lihat ke 0,7 persen dan mungkin sebentar lagi 1 sampai 2 persen, mungkin akan meningkat terus saya rasa sampai ke tahun-tahun ke depan dan Toyota pastinya akan ingin berkontribusi di produk-produk elektrifikasi,” lanjutnya.

Seperti diketahui sebelumnya dalam ajang International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 akhir Maret lalu, Toyota membawa memperkenalkan kendaraan BEV (battery vehicle electric) yang mengambil basis dari Toyota Kijang Innova.

Hadirnya Innova versi listrik menunjukkan komitmen Toyota Indonesia untuk mendukung kebijakan Pemerintah dalam program percepatan pengembangan industri kendaraan listrik nasional.

Namun, meski sudah siap dikendarai, penggunaan Toyota Kijang Innova EV Concept baru untuk kepentingan studi dan sosialisasi.