HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korea Utara mengaku telah berhasil mengidentifikasi sumber dari penyebaran Covid-19 di negara mereka. Bukan karena kiriman negara lain, ‘benda alien’ telah disalahkan menjadi biang kerok.

“Telah diketahui bahwa tentara berusia 18 tahun bernama Kim dan anak SD berusia 5 tahun bernama Wi telah menyentuh benda alien di sebuah bukit di dekat Ipho-ri,” demikian pengumuman dari media kenegaraan Korut, KCNA, Jum’at (1/7).

Kedua warga Korut tersebut langsung merasakan gejala dan dites positif Covid-19.

Korut juga mengatakan, beberapa orang yang baru mengunjungi wilayah Ipho-ri ikut merasakan gejala serupa dan kasus demam langsung meningkat tajam.

Para warga Korea Selatan langsung diberikan peringatan terkait hal-hal asing yang datang oleh angin dan fenomena iklim lainnya di sepanjang perbatasan negara.

Sebagai informasi, biasanya para pembelot Korea Utara dan aktivis Korea Selatan menerbangkan balon melintasi perbatasan.

Benda-benda yang diterbangkan biasanya berupa selebaran dan bantuan kemanusiaan.
Perbatasan tersebut pun dijaga sedemikian rupa oleh Korea Utara.

Saat terjadi penyebaran Covid-19 di Korea Utara, kekhawatiran internasional pun muncul. Mengingat warga Korea Utara yang belum divaksinasi.

Meskipun banyak tawaran bantuan dari negara-negara lain seperti Korea Selatan dan Amerika Serikat, Korea Utara masih skeptis untuk menerima segala pertolongan.

Padahal, Korea Utara memiliki kualitas tenaga kesehatan dan pasokan alat medis yang rendah. Kekurangan tersebut merupakan hal yang berbahaya untuk keselamatan masyarakatnya.