Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bapanas Yakin Stok Cabai dan Bawang Merah Segera Normal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meyakini, bahwa stok cabai dan bawang merah di dalam negeri yang kini mengalami defisit akan kembali normal pada bulan Juli 2022 ini.

Arief mengaku, pihaknya telah melakukan serangkaian mobilisasi terhadap kedua komoditas tersebut setiap harinya.

“Kedua barang ini (cabai dan bawang) setiap hari sudah kita lakukan mobilisasi dan kita kerjakan semua,” kata Arief (30/6).

Berdasarkan perhitungan Kementerian Pertanian (Kementan), menurut Arief, pasokan untuk kedua komoditas bahan pokok itu diperkirakan bakal kembali membaik pada bulan ini.

“Sehingga yang diperluakan adalah bridging (penyesuaian) sampai kondisi nanti benar-benar normal,” tutur Arief.

Kini, lanjut Arief, pihaknya terus melakukan sejumlah upaya untuk mengembalikan kondisi cabai dan bawang pada keadaan normal. Salah satunya yakni dengan memobilisasi pasokan dari daerah surplus ke daerah defisit.

“Kita kirim stok cabai ke Pasar Kramat Jati. Jadi kalau dilihat dari kebutuhannya, antara 30 sampai 32 ton itu bisa kita kirimkan sekitar tiga sampai lima ton setiap harinya,” ungkap Arief.

Dengan mempertimbangkan kondisi ketahanan (save life) cabai yang relatif singkat, maka Bapanas dalam mobilisasi cabai mengambil jalur udara mobilisasi. Opsi ini diambil dengan menjalin kerjasama dengan beberapa airlines untuk mengirimkan cabai tersebut ke daerah-daerah yang mengalami defisit.

“Dan karena save life cabai itu pendek, jadi kita kirimkan lewat udara. Sehingga satu airlines itu bisa mengangkut sekitar satu setengah sampai dua tiga ton,” papar Arief.

Selain itu, Bapanas juga disebut Arief akan menjalin kerjasama dengan Kementan dari sisi produksi, pengaturan daya simpan, pengaturan pola tanam, serta mengatur luas lahan sehingga tidak tergantung pada kondisi cuaca.

“Kita perlu teknologi untuk melakukan penyimpanan, sampai hari ini kita sudah mencari teknologi penyimpanan cabai dan bawang bisa memperpanjang save lifenya sampai dengan tiga sampai lima bulan. Dan itu menjadi tantangan buat Badan Pangan Nasional untuk mencari lagi teknologi penyimpanan cabai dan bawang merah,” tandas Arief.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru