HOLOPIS.COM, MOSKOW – Presiden Jokowi meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bisa tetap membuka keran ekspor pangan dan pupuk dari negara tersebut serta Ukraina.

Permintaan itu mengingat kondisi krisi pangan yang saat ini terjadi di beberapa negara dan berpengaruh kepada kenaikan harga yang melambung hingga membuat kelaparan.

“Saya tadi banyak berdiskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia, dan ratusan juta orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang,” kata Jokowi, Kamis (30/6).

Dari hasil permintaannya tersebut, Jokowi mengklaim bahwa dirinya telah mendapatkan kepastian dari Vladimir Putin bahwa pasokan tersebut akan kembali aman.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik,” ungkapnya.

Jokowi turut menyampaikan kepada Putin, demi kemanusiaan, dirinya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia.

“Dan khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” paparnya.