HOLOPIS.COM, JAKARTA – NATO resmi mengumumkan bahwa Rusia adalah ancaman utama bagi keamanan negara-negara barat setelah menginvasi Kiev.

“Perang Presiden Putin terhadap Ukraina telah menghancurkan perdamaian di Eropa dan menyebabkan krisis keamanan Eropa terparah sejak Perang Dunia II,” demikian dikatakan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg melansir Reuters, Kamis (30/6).

NATO mengundang kedua member barunya, Swedia dan Finlandia untuk bergabung dan menjanjikan peningkatan siaga tinggi pasukan tempur terhadap serangan Rusia.

Tak tinggal diam, Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia akan memberikan respon jika NATO membangun infrastruktur di Finlandia dan Swedia setelah mereka baru saja bergabung.

Beberapa media dari Rusia mengatakan bahwa Putin tidak bisa menghentikan ketegangan antara Moskow dan Helsinki serta Stockholm, setelah Finlandia dan Swedia bergabung bersama NATO.

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa akan lebih banyak pengarahan angkatan darat, laut, dan udara di seluruh Eropa dari Spanyil di barat hingga Rumania dan Polandia yang langsung berbatasan dengan Ukraina.