Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Turki Akhirnya Izinkan Finlandia dan Swedia Bergabung Dengan NATO

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Turki resmi telah mencabut hak vetonya atas Finlandia dan tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO.

“Menteri luar negeri kami menandatangani memorandum trilateral yang menegaskan bahwa Turki akan mendukung undangan Finlandia dan Swedia untuk menjadi anggota NATO,” kata Presiden Finlandia Niinisto dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters, Rabu (29/6).

Akhirnya ketiga negara sepakat untuk melindungi keamanan satu sama lain dan mengakhiri drama selama berminggu-minggu yang menguji persatuan sekutu melawan invasi Rusia ke Ukraina.

Keputusan ini diambil setelah terjadi pembiacaraan selama empat jam sebelum pertemuan puncak NATO dimulai di Madrid

Ini berarti, Helsinki dan Stockholm dapat melanjutkan pengaplikasian mereka untuk bergabung dengan sekutu bersenjata nuklir tersebut.

Kedua negara nordik yang telah lama netral akhirnya mencari perlindungan NATO menjadi perubahan terbesar keamanan di Eropa dalam beberapa dekade terakhir ini.

Sebelumnya, Turki tidak menyetujui Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO.

Karena dua negara yang mayoritas suku Nordik tersebut masih menjalin kerjasama dengan kelompok Kurdi yang selama ini dianggap Ankara sebagai teroris.

Sebagai informasi, persetujuan dari Turki dibutuhkan Finlandia dan Swedia untuk bisa bergabung dengan NATO. Keanggotaan NATO harus disetujui oleh 30 anggota.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru