JAKARTA, HOLOPIS.COM – Demi mensukseskan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022, BNPB beserta TNI dan Polri akan membentuk satuan tugas protokol kesehatan (satgas prokes) Covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yakni Zaherman Muabezi, di mana ia meminta semua venue pertandingan hingga penginapan atlet dan ofisial dibentuk satgas prokes Covid-19.

Rencana tersebut diadakan mengingat penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo, Jateng pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 masih digelar di tengah-tengah pandemi Covid-19.

“Pada prinsipnya BNPB atau Satgas mendukung kegiatan ini dengan catatan dimana sekarang ini kita seluruh wilayah PPKM nya level 1. Dan pada saat penyelenggaraan APG ini diperkirakan kasus Covid akan meningkat,” ujar Zaherman dalam konpers di Media Center Kemenpora, Jakarta pada Selasa (28/6).

“Oleh karena itu nanti dalam surat rekomendasi kita satgas meminta setiap tempat dimana itu diadakan atau hotelnya tempat menginap ofisialnya dan atlet itu dibentuk Satgas Prokes untuk melakukan pengawasan, pengendalian penyebaran Covid,” sambungnya.

Lanjut keterangannya, Zaherman menyampaikan bahwa persiapan untuk atlet yang apabila nantinya ada yang dinyatakan positif Covid-19, maka akan dialihkan ke tempat yang telah disediakan.

“Jika nanti ada peserta baik atlet dan oficial yang ternyata dinyatakan positif Covid-19 dan tidak terlalu parah cukup dikarantina atau isolasi di hotel tempat dimana menginap. Jika kondisinya sedang hingga berat maka akan dirawat di rumah sakit untuk isolasi,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, dari sisi keamanan, Kol.Inf. Wawan Pujiatmoko dari Mabes TNI PABAN 4 OPSDAGRI menegaskan bahwa akan menurunkan sekitar 1800 personel TNI untuk ASEAN Para Games 2022 di Solo.

“Kami dari unsur TNI sangat mendukung kegiatan APG ini dan dari TNI akan menyiapkan 1.800 personil pengamanan baik pengamanan VVIP terhadap tamu negara setingkat kepala negara maupun di tempat kegiatan dan tempat-tempat penginapan, rute dan termasuk pengamanan dalam rangka opening dan closing ceremony,” tukasnya.

“Kami juga akan terjunkan personil untuk membantu penegakan prokes Covid-19 apabila terjadi lonjakan kasus pandemi di dalam pelaksanaan even ini. Sama dengan pelaksanaan PON Papua dan Peparnas kita juga kerahkan personil TNI untuk membantu bekerjasama dengan BNPB untuk membatasi dan mengatur penonton,” lanjutnya.

Ada pun dari Kasubbag Renopswil Robinops SOPS Polri yakni AKBP Tri Hartanto menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah untuk gelaran ASEAN Para Games 2022.

“Kami mendukung setiap kebijakan dari pemerintah dalam hal ini penyelenggaraan Asean Para Games 2022. Semoga akan berjalan dengan aman, lancar dan sesuai dengan harapan,” kata Tri.