JERMAN, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi memberikan apresiasi terhadap Presiden Prancis Emmanuel Macron atas sikap negara tersebut terhadap konflik antara Rusia dengan Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pertemuan bilateral di sela-sela kegiatan KTT G7 di Elmau, Jerman.

“Kami menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina,” kata Jokowi (27/6).

Kepada Macron Jokowi mengingatkan, kondisi kesulitan pangan saat ini disebabkan oleh konflik kedua negara yang baru berlangsung beberapa bulan saja.

Oleh karena itu, Jokowi berpesan agar semua negara seharusnya bisa bersikap mendorong penyelesaian damai ketimbang saling berpihak.

“Kita semua paham situasi sangat kompleks. Namun kita perlu terus upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi saat ini akan makin memburuk,” tukasnya.

Dalam perbincangannya, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia. Presiden Macron sampaikan kembali dukungan kuat terhadap presidensi Indonesia dan yakin bahwa G20 akan sukses dan dapat menghasilkan kerja sama konkret.

Jokowi kemudian juga menyampaikan upaya penguatan bilateral Indonesia dan Prancis, baik di bidang ekonomi maupun di bidang pertahanan dan industri strategis.