JERMAN, HOLOPIS.COM Presiden Jokowi Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mencapai kata sepakat untuk melakukan kerjasama di bidang pangan.

Hal tersebut tercapai dalam pertemuan bilateral antara kedua kepala negara di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman. Jokowi kemudian menjanjikan kepada Modi untuk segera memerintahkan anak buahnya menyusun rencana kerjasama.

“Mengenai kerja sama terkait perdagangan bahan pangan antara dua negara, saya akan minta Menteri Perdagangan Indonesia untuk segera berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan India,” kata Jokowi (27/6).

Dalam pernyataannya, Jokowi tidak mengatakan lebih lanjut bagaimana teknis kerjasama antara kedua negara tersebut di dalam kondisi krisis pangan saat ini.

Jokowi kemudian malah berbicara mengenai situasi di Ukraina sembari menyerukan kembali pentingnya perang untuk dihentikan.

“Saya senang Indonesia dan India memiliki posisi yang kurang lebih sama antara lain mendesak penyelesaian secara damai,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh Presidensi G20 India tahun depan.