Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Uki Jewer Buzzer Anies, Masih Bicara Potensi Padahal Formula E Sudah Selesai

JAKARTA, HOLOPIS.COM Mantan juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dedek “Uki” Prayudi menyentil para buzzer Gubernur DKI, Anies Baswedan yang ramai-ramai membagikan data INDEF dengan menyebutkan bahwa dampak ekonomi dari penyelenggaraan Formula E 2022 sebesar 2,6 triliun.

Padahal menurutnya, data INDEF dalam hal ini hanya berbicara mengenai potensi atau prakiraan dampak ekonominya saja.

“Di luar dampak ekonomi langsung yang sebesar 597 miliar (rupiah) dari 2,6 triliun, INDEF cuma bicara potensi dampak,” kata Uki dalam cuitannya yang dikutip Holopis, Jumat (24/6).

Bagi Uki, potensi dampak sendiri mempunyai arti belum ada dampak, meskipun ruangnya sudah ada. Namun narasi yang dilontarkan oleh para Buzzer Anies dibuat seolah-olah ajang Formula E sudah memberikan dampak yang besar bagi ekonomi Jakarta.

“Potensi dampak itu artinya belum ada dampak walau ruangnya sudah ada. Tapi kok narasinya seolah dampaknya sebesar 2,6 triliun (rupiah)? Besar selisihnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, INDEF atau Institute for Development of Economics and Finance baru-baru ini merilis prakiraan total dampak ekonomi yang diperoleh DKI Jakarta atas penyelenggaran Formula E 2022 sebesar Rp2,6 triliun.

Dari Rp2,6 triliun itu, sebesar Rp2,041 triliun merupakan dampak tambahan pada Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB DKI Jakarta. Sementara sisanya, yakni Rp597 miliar merupakan dampak ekonomi langsung.

Rizal menjelaskan, dampak ekonomi langsung merupakan jumlah pengeluaran yang tercipta akibat adanya perhelatan Jakarta E-Prix 2022.

Adapun rincian dari pengeluaran tersebut yakni alokasi capex atau belanja modal senilai Rp213 miliar, alokasi opex atau belanja operasional Rp112 miliar, commitment fee Rp216 miliar. Kemudian pengeluaran pengunjung dan tiket Rp52,4 miliar dan UMKM Rp4,45 miliar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru