Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menhan Prabowo Subianto Serukan Satukan Kekuatan Pertahanan ASEAN

KAMBOJA, HOLOPIS.COM Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menyerukan seluruh negara di wilayah ASEAN menyatukan kekuatan bersama ketimbang saling bersama satu sama lain.

Dalam acara SEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja, Prabowo turut menegaskan bahwa ADMM telah menjadi forum multilateral yang mendorong kerjasama pertahanan dalam membangun rasa saling percaya.

“Kita tidak boleh membiarkan kekuatan luar memecah belah ASEAN dan menyeret kita ke dalam persaingan mereka. Masa depan ASEAN dan rakyat kita ada di pundak kita, dan saya yakin, kita semua memiliki pandangan yang sama bahwa kita menginginkan perdamaian dan bukan konflik, kerja sama daripada persaingan,” tegas Prabowo (22/6).

Prabowo Subianto di Kamboja
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menghadiri acara SEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-16 di Phnom Penh, Kamboja. Gambar: Tim Media Prabowo.

Prabowo turut menyerukan tentang nilai strategis dari ASEAN sebagai salah satu arsitektur keamanan regional yang berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian, keamanan dan stabilitas.

“Oleh karena itu sangat penting menjaga sentralitas ASEAN di tengah-tengah persaingan kekuatan besar di kawasan,” tandasnya.

Prabowo Disambut Hangat PM Kamboja

Di sela-sela kegiatan kenegaraan tersebut, Prabowo kemudian diundang secara langsung Perdana Menteri Kerajaan Kamboja H.E. Hun Sen. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo Subianto menegaskan bahwa Indonesia selalu menghargai peran dan dukungan Kamboja dalam kerja sama Bilateral dengan Indonesia dan juga dalam kerja sama Multilateral di ASEAN.

“Kita harus berdiri bersama sebagai negara ASEAN untuk kepentingan bersama ASEAN,” ungkap Menhan Prabowo.

Prabowo Subianto bersama PM Kamboja
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat bersama Perdana Menteri Kerajaan Kamboja H.E. Hun Sen. Gambar : Tim Media Prabowo.

Prabowo pun menyampaikan pertemuan dan komunikasi antara kedua negara dan interaksi pemerintah dalam beberapa waktu terakhir menunjukkan bahwa kedua belah pihak memiliki visi yang sama dalam upaya meningkatkan kualitas kerja sama yang sedang berlangsung.

“Saya berharap kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan Kamboja dapat terus dipertahankan dalam semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut PM Hun Sen menyampaikan ucapan terima kasih kepada Indonesia dan juga secara pribadi kepada Menhan Prabowo yang terus – menerus memberikan bantuan dan dukungan bagi kemajuan Angkatan Bersenjata Kamboja.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru