JAKARTA, HOLOPIS.COM – Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana mendeklarasikan koalisi yang mereka bentuk untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim terkait pertemuan sejumlah elite PKB dan Gerindra pada Rabu (22/6).

Dalam pertemuan itu, hadir Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Waketum Gerindra Sugiono, serta Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Waketum PKB Jazilul Fawaid, Ketua PKB Syaiful Huda,

“Kami juga ada rencana untuk survei lokasi deklarasi, salah satu tempat yang dipertimbangkan adalah di IKN,” kata Lukmanul, (22/6).

Ia menerangkan, pertemuan elite PKB dan Gerindra dilakukan dalam bentuk acara silaturahmi. Dalam pertemuan itu, menurutnya, pihaknya minum kopi bareng dan berdiskusi sambil mematangkan agenda kerja sama dan langkah-langkah politik ke depan.

Lukmanul menyatakan langkah ini dilakukan karena pembentukan koalisi perlu pemikiran-pemikiran yang besar untuk membangun dan memajukan NKRI.

Koalisi bentukan PKB-Gerindra terbuka untuk partai politik (parpol) manapun, karena prinsip pembentukan koalisi adalah cari teman. Namun, Lukmanul mengingatkan bahwa koalisi bentukan pihaknya sudah memiliki tokoh yang bakal diusung sebagai pasangan capres-cawapres.

“Soal capres dan cawapresnya sudah ada, yang mau gabung monggo, dengan senang hati dan tangan terbuka kita terima,” katanya.

Lukmanul menambahkan, pihaknya juga sempat diskusi panjang pascapertemuan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskanda dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

Menurutnya, animo kader, simpatisan, dan masyarakat cukup bagus karena banyak menyukai duet Cak Imin dan Prabowo.

“Responsnya luar biasa. PKB dan Gerindra solid bersama sama menjemput kemenangan,” tuturnya.