Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizJokowi Sebut Ada Sejumlah Kepala Negara Minta Jatah Migor dan Batu Bara

Jokowi Sebut Ada Sejumlah Kepala Negara Minta Jatah Migor dan Batu Bara

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Joko Widodo menyebutkan ada beberapa kepala negara yang meminta-minta stok batu bara dan minyak goreng dari Indonesia. Permintaan bukan hanya dari satu hingga dua, melainkan lebih dari lima.

Namun, ia tidak mengungkapkan siapa saja kepala negara tersebut.

“Waktu Januari kita setop (ekspor) batu bara, ada 5 presiden dan perdana Menteri telpon saya ‘Presiden Jokowi mohon kita dikirim batu bara nya segera, secepatnya, kalau nggak mati kita, listrik kita mati, industri kita mati’,” ujar Jokowi, Selasa (21/6).

Tak hanya itu, ada juga permintaan akan stok minyak kelapa sawit (CPO) terutama pada saat Indonesia melakukan pelarangan ekspor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Waktu minyak goreng kita setop ekspornya untuk kebutuhan dalam negeri dulu, batu bara juga, ada dua presiden dan perdana menteri telpon saya juga ‘pak ini kalau bapak dalam 2 hari tidak kirim kami, akan terjadi gejolak sosial politik di negara saya. Tolong bisa dikirimkan’,” ujar Jokowi.

Dengan kondisi ini, maka Indonesia jadi mengetahui keunggulannya yang bisa dimanfaatkan. Terutama di tengah krisis dunia yang bertubi-tubi datang mulai dari krisis energi hingga pangan.

“Jadi kita tahu posisi kita di mana, kekuatan kita di mana. Di sini mulai kelihatan batu bara kita punya kekuatan besar, CPO kita punya kekuatan besar,” jelasnya.

Namun, ia menilai kekuatan besar ini harus bisa dimanfaatkan untuk bisa membawa Indonesia menjadi negara maju. Salah satunya dengan menghentikan ekspor bahan mentah CPO maupun batu bara.

Kepala negara ini menekankan mulai saat ini ekspor untuk CPO hingga batu bara sebaiknya dilakukan dalam bentuk setengah jadi maupun jadi. Dengan demikian maka akan memberikan nilai tambah bagi perekonomian dalam negeri.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.