JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Asean Para Games 2022 menginginkan perhelatan tersebut lebih dari sekedar ajang olahraga, namun juga dapat mengenalkan budaya Solo ke mancanegara.

Dalam pernyataannya kepada awak media, Gibran Rakabuming Raka menerangkan bahwa kota Solo sendiri selaku tuan rumah perhelatan Asean Para Games 2022 telah dipersiapkan dengan baik dan matang.

“Semua sudah kita persiapkan dengan matang dan baik. Saya ingin Solo kota kecil yang memiliki latar budaya kuat bisa dilihat dunia sukses menyelenggarakan event olahraga seperti Asean Para Games,” ujar Gibran (19/6).

Dalam hal ini, Menpora Zainudin Amali juga menyatakan bahwa penyelenggaraan Asean Para Games 2022 yang dipadukan dengan budaya lokal Solo sangat tepat.

“Saya setuju jika penyelenggaraan Asean Para Games dipadukan dengan menonjolkan budaya kota Solo yang kuat. Dan pasti akan menjadi daya tarik sendiri bagi para peserta Asean Para Games dari negara lain,” kata Menpora Zainudin Amali.

Sebagai informasi tambahan, perhelatan Asean Para Games 2022 rencananya akan digelar pada 30 Juli sampai 6 Agustus mendatang dengan Solo sebagai tuan rumahnya di turnamen kali ini.

Ada pun terkait persiapan yang juga meliputi venue gelaran Asean Para Games 2022 ini, Gibran menyatakan bahwa fasilitas olahraga yang dimiliki kota Solo sebagian besarnya sudah berstandar internasional.

Bahkan salah satu venue-nya sangat kental dengan budaya seperti di Tjolomadoe yang merupakan bekas pabrik gula peninggalan Belanda yang kini beralih fungsi menjadi sebuah museum.