JAKARTA, HOLOPIS.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menanggapi dugaan kebocoran soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 yang ramai di media sosial. Sejumlah foto soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 beredar di media sosial. Foto-foto itu masuk dalam Google Drive dan tersebar di Twitter.

Ketua LTMPT Mochamad Ashari mengakui soal-soal UTBK-SBMPTN 2022 beredar di media sosial, namun dia membantah kebocoran soal tersebut.

“LTMPT menegaskan bahwa selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 baik Gelombang 1 maupun Gelombang 2 sejumlah 28 sesi sama sekali tidak terjadi kebocoran soal. Hal ini disebabkan LTMPT telah merancang soal UTBK-SBMPTN 2022 berbeda untuk setiap sesi. Artinya, tidak ada soal UTBK-SBMPTN 2022 yang sama antarsesi,” kata Ashari, Senin (20/6).

“Beredarnya foto-foto soal UTBK-SBMPTN 2022 di media sosial diduga disebabkan adanya upaya sejumlah oknum peserta UTBK yang berniat melakukan kecurangan. Namun, LTMPT memastikan upaya curang dimaksud tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022,” imbuhnya.

Ashari menyatakan pelaku yang terbukti melakukan kecurangan tersebut akan diberi sanksi tegas.

“LTMPT menegaskan bahwa peserta yang terbukti melakukan kecurangan pasti akan diberi sanksi tegas,” kata dia.

Ashari mengungkapkan pihaknya akan mendalami berbagai dugaan pelanggaran maupun kecurangan baik dari Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU), sistem UTBK-SBMPTN 2022, laporan masyarakat, hingga informasi yang beredar di media sosial.

Nantinya, peserta dan oknum yang terbukti terlibat dalam kecurangan akan dituntut dan diberi sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.