Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jepang Buka Pusat Vaksinasi Masal Menjelang Olimpiade

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kementerian Pertahanan Jepang akan membuka pusat vaksinasi Covid-19 massal di Tokyo pada Mei mendatang sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 menjelang Olimpiade.
Kemhan Jepang mengumumkan bahwa Perdana Menteri Yoshihide Suga meminta mereka membuka pusat vaksinasi itu pada 24 Mei mendatang untuk dioperasikan selam tiga bulan.
Menurut Kemhan Jepang, fasilitas itu nantinya akan dipakai untuk vaksinasi Covid-19 untuk warga di sekitar prefektur Saitama, Chiba, dan Kanagawa.
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato, mengatakan bahwa saat ini, pemerintah belum mengetahui jenis dan jumlah vaksin yang akan disuntikkan.
“Kami akan mengumumkan rinciannya ketika Kementerian Pertahanan dan otoritas lokal sudah punya satu rencana pasti,” ujarKato sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (27/4).
Nikkei melaporkan bahwa pusat vaksinasi di Tokyo itu akan memberikan vaksin bagi 10 ribu warga per hari. Sementara itu, kantor berita Kyodo melaporkan bahwa pemerintah berencana menggunakan vaksin Moderna di pusat vaksinasi Tokyo itu.
Berdasarkan data Reuters, Jepang sudah memvaksin sebagian warga lanjut usia pada bulan ini. Namun, Jepang baru memvaksin 1,5 persen warga dari keseluruhan 126 juta populasi.
Menteri Vaksinasi Jepang, Taro Kano, mengatakan bahwa pasokan vaksin Pfizer ke negaranya akan meningkat dalam waktu dekat. Dan akan membantu dalam upaya menggenjot vaksinasi di Jepang.
Pihak berwenang juga mengambil keputusan mengenai penggunaan darurat vaksin Moderna. Selain itu, Jepang juga berencana membeli 120 juta dosis vaksin AstraZeneca jika lolos proses verifikasi.
Saat ini, Jepang sedang terus menggalakkan upaya penanggulangan Covid-19 menjelang penyelenggaraan Olimpiade pada 23 Juli mendatang.
Guna membendung gelombang keempat Covid-19 di Jepang, pemerintah pun memutuskan untuk memberlakukan status darurat di Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hogo, mulai 25 April hingga 11 Mei mendatang. (zik)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prabowo Subianto Dijadwalkan Temui Presiden Filipina

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kembali melakukan kunjungan kenegaraannya ke sejumlah negara yang ada di kawasan Asia.

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru