JAKARTA, HOLOPIS.COMKetua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan resmi menduduki kursi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini dilantik pada pada Rabu (15/6) siang.

Dengan bergabungnya Ketum PAN ke Kabinet Indonesia Maju Jilid II, memastikan posisi PAN sebagai bagian dari koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jabatan yang pernah diemban Zulkifli Hasan

Sebelum dilantik menjadi Mendag, Zulhas juga pernah memegang sejumlah jabatan penting di pemerintahan Indonesia, salah satunya yakni Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014-2019.

Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan Republik Indonesia (Menhut RI) di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sekadar informasi, saat dirinya menjabat sebagai Menhut, nama Zulhas pernah disebut dalam kasus alih fungsi hutan.

Terpidana kasus itu, Annas Maamun beberapa kali menyebut namanya sejak pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi pada 2014 silam.

Pada saat itu, Annas mengaku menitipkan permohonan alih status hutan Riau kepada Zulkifli. Di lain kesempatan, ia juga mengatakan bahwa Zulkifli adalah pejabat yang menyetujui revisi izin alih fungsi hutan Riau pada 2014 silam.