JAKARTA, HOLOPIS.COM – Timnas Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke AFC Asian Cup 2023 setelah mampu keluar sebagai salah satu runner-up terbaik grup di babak kualifikasi.

Lolosnya Timnas Indonesia ke AFC Asian Cup 2023 tersebut didapat ketika skuad garuda sukses mengandaskan perlawanan Nepal dengan skor 7-0 tanpa balas di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (15/6) waktu dini hari.

Berkat hasil tersebut, Timnas Indonesia mengantongi enam poin dengan poin plus tujuh di peringkat kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Tak hanya itu, lolosnya Indonesia ke AFC Asian Cup 2023 juga ditentukan dari hasil pertandingan lain seperti laga antara Yordania vs Kuwait di Grup A dan Palestina vs Filipina di Grup B.

Terlepas dari penampilannya yang sangat menakjubkan dengan melibas Nepal 7-0, Timnas Indonesia nampaknya harus sedikit berterima kasih kepada Yordania yang sukses mengalahkan tim tuan rumah Kuwait dengan skor 3-0 tanpa balas.

Hasil kemenangan Yordania itu pun membawanya lolos ke AFC Asian Cup 2023 dengan status juara grup, serta menyingkirkan Kuwait dari kejuaraan.

Ada pun Palestina yang berhasil membungkam Filipina dengan skor 4-0 tanpa balas di Grup B, di mana negara tetangga Bangsa Indonesia yang satu ini menjadi salah satu tim dengan status runner-up grup yang tak dapat lolos ke AFC Asian Cup 2023.

Hal tersebut terjadi karena Filipina hanya mendapat poin empat dengan minus tiga gol. Maka dari itu, hanya Timnas Indonesia, Thailand, Hongkong, Malaysia dan Kyrgizstan yang berhak lolos ke AFC Asian Cup 2023.