JAKARTA, HOLOPIS.COM – Peluang Timnas Indonesia untuk dapat melaju ke AFC Asian Cup 2023 sejatinya masih terbuka lebar. Lolos atau tidaknya skuad garuda ditentukan dalam pertarungan terakhir dari keseluruhan grup babak Kualifikasi Piala Asia 2023.

Dapat diketahui bersama bahwa dari total 24 negara peserta Kualifikasi Piala Asia 2023, hanya 11 negara di antaranya yang dapat memastikan diri melaju ke AFC Asian Cup 2023 mendatang yakni enam juara grup dan lima runner up terbaik.

Posisi Timnas Indonesia sendiri saat ini menempati peringkat dua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, namun tanpa plus poin karena jumlah kemasukan dan jumlah torehan golnya berimbang yaitu sama-sama dua. Maka dari itu tim merah putih berada di posisi buncit jika disatukan dengan tim yang menempati peringkat dua lainnya dari masing-masing grup.

Dalam hal ini, nasib Timnas Indonesia sejatinya ditentukan juga dari hasil pertandingan di grup lain untuk dapat lolos ke AFC Asian Cup 2023.

Selain wajib memeluk kemenangan melawan Nepal, Timnas Indonesia juga berharap bahwa Filipina di Grup B dan Malaysia di Grup E meraih hasil kekalahan atau imbang dalam pertandingannya.

Mengingat, Filipina mengantongi empat poin dengan poin plus satu dan Malaysia mengoleksi tiga poin dengan juga poin plus satu di dalam grupnya masing-masing.

Kemudian, Timnas Indonesia juga patut mengharapkan Yordania untuk dapat menang atas Kuwait untuk dapat memastikan bahwa skuad asuhan Shin Tae Yong kokoh di posisi dua klasemen Grup A.

Menariknya di sini adalah Timnas Indonesia dijadwalkan main di jam terakhir Kualifikasi Piala Asia 2023 yakni pada Rabu (15/6) sekitar pukul 2.15 WIB. Sementara pertandingan di grup lain bermain lebih awal pada Selasa (14/6) sekitar pukul 21.15 WIB.

Untuk mengetahui tabel klasemen terkini dari seluruh masing-masing negara peserta Kualifikasi Piala Asia 2023, KLIK DI SINI.