Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Surabaya Diprediksi Banjir Rob Hingga 17 Juni 2022

SURABAYA, HOLOPIS.COM Banjir rob diprediksi terjadi di Kota Surabaya, dan sebagian wilayah pesisir Jawa Timur mulai Senin hingga 17 Juni 2022.

Ketinggian banjir rob menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak, berada pada level 160 dari rata-rata muka laut.

“Puncaknya banjir rob terjadi pada 15 Juni mendatang, dimana ketinggian banjir rob berada pada level 160 dari rata-rata muka laut. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya genangan di wilayah pesisir mencapai 30 hingga 40 cm,” ujar Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Fajar Setiawan, Senin (13/6).

Banjir rob, juga menyebabkan aliran sungai ke laut menjadi terhambat.  Kondisi tersebut bisa diperparah, karena adanya fenomena La Nina.

Fajar menjelaskan, walaupun saat ini sudah masuk musim kemarau, potensi hujan itu terbilang masih lebih tinggi.

“Jika ketiganya terjadi secara bersamaan, ada hujan, terus terjadi pasang, maka otomatis air di sungai akan lebih sulit lagi untuk mengalir ke laut,” kata dia.

Fajar menjelaskan, akhir-akhir ini kondisi air laut juga masih hangat. Oleh sebab itu, kata dia, hujan akan sering terjadi meskipun intensitasnya ringan hingga sedang jika di daratan. Sedangkan kondisi di laut, intensitas hujan bisa mencapai kategori sedang hingga lebat.

“Karena memang saat ini La Nina, jadi kami prediksi hingga akhir tahun mendatang meskipun musim kemarau itu masih akan sering terjadi hujan. Sebagian besar masyarakat itu menyebutnya kemarau basah,” ujar dia.

Dia mengatakan, La Nina sebenarnya adalah fenomena global yang tidak hanya melanda di wilayah Jawa Timur. Namun, lanjut dia, jika La Nina lebih intens melanda wilayah Indonesia terutama bagian Tengah dan Timur.

“Jadi mulai akhir-akhir ini dan kita prediksi untuk suhu muka laut yang menghangat itu hingga akhir tahun. Jadi, sampai akhir tahun nanti Insya Allah curah hujannya masih akan sering terjadi,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asal Muasal Mitos ‘Ada yang Rindu Jika Bulu Mata Rontok’

Mitos tentang bulu mata yang rontok dan kepercayaan bahwa ada yang merindukan kita sudah ada sejak lama didengar, bahkan dipercayai di berbagai budaya.

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru